Waduh, Puluhan Ribu Guru Lulus PG Tidak Bisa Diangkat jadi PPPK, Ini Penyebabnya

Kamis, 03 November 2022 – 22:23 WIB
Waduh, Puluhan Ribu Guru Lulus PG Tidak Bisa Diangkat jadi PPPK, Ini Penyebabnya - JPNN.com Kaltim
Puluhan ribu guru lulus PG yang tidak bisa diangkat menjadi PPPK tahun ini. Ilustrasi Foto : Ricardo/JPNN.com

kaltim.jpnn.com, JAKARTA - Pelaksana tugas Direktur Jenderal Guru Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nunuk Suryani menyebutkan sebanyak 53.241 guru lulus PG tidak bisa diangkat PPPK tahun ini. 

Nunuk mengungkapkan penyebab puluhan ribu guru yang lulus PG tersebut tidak bisa diangkat karena formasinya tidak tersedia.

"Dari 193.954 guru lulus passing grade (PG) yang aman karena sudah tersedia formasi adalah 127.186 guru," kata Nunuk Suryani dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR, Kamis (3/11) seperti dilansir JPNN.com.

Selain itu, terdapat potensi 11.349 formasi yang bisa diisi guru lulus PG sebagai prioritas satu (P1) ketika dia turun prioritas dan melamar pada formasi mapel jabatan lainnya.

Diharapkan P1 turun prioritas ini bisa mengikuti seleksi kembali dengan menggunakan mapel jabatan lainnya seusai linieritas.

Dari 193.954 guru lulus PG, terdapat 53.241 P1 tidak mendapatkan formasi.

Dari jumlah itu 41.892 P1 yang tidak tersedia formasi, sehingga diperlukan koordinasi dengan Pemda untuk diangkat pada seleksi berikutnya. Ditambah lagi dengan 13 527 yang tidak tersedia formasi (belum diusulkan Pemda).

"Bisa dipastikan 53.241 guru lulus PG akan menangis tahun ini," tegasnya.

Ada puluhan ribu guru lulus PG yang tidak bisa diangkat menjadi PPPK tahun ini, Nunuk Suryani dari Kemendikbudristek mengungkapkan penyebabnya
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia