Dialog Budaya di Balikpapan Resmi Dibuka, Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Dikumandangkan

Selasa, 15 Oktober 2024 – 20:22 WIB
Dialog Budaya di Balikpapan Resmi Dibuka, Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Dikumandangkan - JPNN.com Kaltim
Para Babinsa dan tamu undangan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza saat pembukaan dialog budaya yang digelar Kememdikbudristek di Balikpapan, Selasa (15/10). Foto: Muhammad Solih Januar/ANTARA

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Dialog budaya yang diselenggaakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Balikpapan resmi dibuka, Selasa (15/10).

Acara yang mengusung tema 'Regulasi untuk Perlindungan Kebudayaan' dibuka dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya 3 Stanza.

Kepala Balai Pelestarian dan Kebudayaan (BPK) Wilayah XIV Kaltim-Kaltara Titi Lestari menyampaikan dikumdangkannya Indonesia Raya 3 Stanza salah satu wujud cinta tanah air.

"Termasuk cinta budayanya," kata Titi Lestari.

Para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan tamu undangan ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza tersebut dengan sikap sempurna menatap layar besar yang menampilkan lirik lagu utuh Indonesia Raya dengan khidmat dan menghayati.
 
Menurut Titi Lestari, menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza tersebut merupakan momentum langka.

Sebab, saat pelaksanaan upacara atau rangkaian agenda lainnya adalah lagu Indonesia Raya 1 Stanza yang berdurasi 1,47 menit.
 
Sementara itu, Lagu Indonesia Raya 3 Stanza durasinya lebih panjang.

Dia mengatakan Wage Rudolf Supratman sebagai pencipta lagu harus melewati perjuangan yang tidak mudah saat membuat lagu Indonesia Raya.
 
Kemendikbudristek Gandeng Babinsa Lestarikan Cagar Budaya di Kaltim

Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XIV Kaltim-Kaltara Kemendikbudristek menggandeng bintara pembina desa (Babinsa) untuk melestarikan cagar budaya di Kalimantan Timur.

Kemendikbudristek menggelar dialog budaya yang mengusung tema 'Regulasi untuk Perlindungan Kebudayaan' di Balikpapan
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News