Ini Upaya Kesbangpol Kaltim Tingkatkan Partisipasi Pemilih Muda di Pilkada 2024

Jumat, 27 September 2024 – 08:51 WIB
Ini Upaya Kesbangpol Kaltim Tingkatkan Partisipasi Pemilih Muda di Pilkada 2024 - JPNN.com Kaltim
Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesbangpol Kaltim Fatimah Waty. FotoL ANTARA/Diskominfo Kaltim

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan Kesbangpol) Kaltim memberikan edukasi pendidikan politik kepada generasi muda menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesbangpol Kaltim Fatimah Waty mengatakan edukasi ini bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih muda di Pilkada 2024, khususnya dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi, sastrawan, dan budayawan yang diharapkan mampu memberikan pencerahan kepada para peserta.

Fatimah berharap melalui kegiatan ini, para pelajar dan mahasiswa dapat lebih memahami pentingnya partisipasi dalam Pilkada.

“Kami berupaya agar generasi muda bisa memanfaatkan waktu dengan baik untuk berpartisipasi dalam pemungutan suara,” kata Fatimah dalam keterangan dikutip, Jumat (27/9).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim telah menetapkan pengurangan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 11.441 menjadi 6.262 TPS yang tersebar di 10 kabupaten atau kota se-Kaltim.

Pengurangan ini didasarkan pada ketentuan PKPU Nomor 7 Tahun 2024 yang membatasi maksimal 600 pemilih per TPS.

Kabupaten Kutai Kartanegara tercatat sebagai daerah dengan jumlah TPS terbanyak, yakni 1.443 TPS.

Kesbangpol Kaltim berupaya meningkatkan partisipasi pemilih muda di Pilkada 2024, khususnya dari kalangan pelajar dan mahasiswa
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News