Kemenkes Ungkap Asal Kasus Malaria di IKN Nusantara, Oh Ternyata

Senin, 08 Mei 2023 – 16:20 WIB
Kemenkes Ungkap Asal Kasus Malaria di IKN Nusantara, Oh Ternyata - JPNN.com Kaltim
Nyamuk malaria. Foto: ilustrasi/Antara

kaltim.jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan fakta terbaru terkait kasus malaria di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 2022.

"Tim tidak menemukan malaria di IKN," tegas Helen Dewi Prameswari selaku Tim Kerja Malaria Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes melalui keterangan tertulis, Senin (8/5).

Helen mengungkapkan kasus malaria di IKN sebenarnya berasal dari perbatasan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

"Temuan yang dilakukan Kemenkes menunjukkan bahwa di kawasan IKN, khususnya Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) tidak ditemukan adanya malaria," tegasnya kembali.

Dia menegaskan permasalahan malaria di wilayah IKN berasal dari wilayah lintas batas yang berbatasan dengan Kabupaten PPU, yakni Paser dan Kutai Barat.

Tingginya angka kasus malaria di Kabupaten PPU merupakan muara kasus dari wilayah lintas batas kabupaten tersebut.

Pasalnya, di Kabupaten PPU terdapat satu puskesmas rawat inap, yaitu Puskesmas Sotek yang menjadi rujukan dari wilayah perbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat.

Wilayah daratan IKN seluas sekitar 256.142 hektare terletak pada dua kabupaten.

Kemenkes mengungkap fakta terbaru terkait kasus malaria yang terjadi di IKN Nusantara pada 2022 lalu, ternyata asalnya...
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia