Anjungan SIAPKerja IKN Diresmikan, Pencari Kerja Hingga Calon Pengusaha Boleh Memanfaatkan

Minggu, 20 November 2022 – 17:04 WIB
Anjungan SIAPKerja IKN Diresmikan, Pencari Kerja Hingga Calon Pengusaha Boleh Memanfaatkan - JPNN.com Kaltim
Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa didampingi Plt Bupati PPU Hamdan Pongrewa meresmikan anjungan SIAPKerja IKN di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara. Foto: Dokumentasi Kemnaker

kaltim.jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyediakan anjungan SIAPKerja di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara yang ditetapkan sebagai kawasan inti Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Anjungan SIAPKerja atau sistem informasi dan aplikasi pelayanan ketenagakerjaan itu tidak hanya ditujukan untuk para pencari kerja saja, tetapi bisa juga untuk masyarakat yang ingin menjadi pengusaha dan berwiraswata dengan meningkatkan kompetensi dalam bidang tertentu.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa menyampaikan penyediaan anjungan SIAPKerja merupakan salah satu dukungan Kemnaker terhadap pembangunan IKN Nusantara.

"Anjungan SIAPKerja merupakan paket lengkap dukungan Kemnaker terhadap IKN Nusantara," jelas Caswiyono melalui keterangan yang diterima, Minggu (20/11).

Dia menyampaikan anjungan SIAPKerja memberikan pelayanan bidang ketenagakerjaan bagi masyarakat yang mengintegrasikan seluruh layanan dalam satu ekosistem ketenagakerjaan yang utuh, mulai dari pelatihan, sertifikasi dan penempatan.

Dukungan Kemnaker lainnya terhadap pembangunan IKN, yaitu dengan memberikan program pelatihan berbasis kompetensi kepada ratusan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kemnaker memfasilitasi berbagai pelatihan kepada masyarakat dengan melibatkan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Samarinda, Kalimantan Timur.

Pelaksana tugas Bupati Penajam Paser Utara Hamdan Pongrewa berharap keberadaan anjungan SIAPKerja mengatasi persoalan pengangguran.

Pasalnya, terdata lebih kurang 3 ribu pengangguran di daerah berjuluk Benuo Taka itu membutuhkan pekerjaan.

Solusi lainnya, Pemkab PPU juga menyiapkan lahan sekitar 10 hektare di Kecamatan Babulu yang dihibahkan kepada Kemnaker sebagai lokasi pembangunan Balai Pelatihan Vokasi untuk program pengembangan pangan. (antara/jpnn)

Kemnaker meresmikan penggunaan anjungan SIAPKerja IKN yang berada di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, PPU

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia