Bawaslu Kaltim Berharap BSSN Bantu Tangkal Hoaks Jelang Pemilu

Senin, 22 Januari 2024 – 17:28 WIB
 Bawaslu Kaltim Berharap BSSN Bantu Tangkal Hoaks Jelang Pemilu - JPNN.com Kaltim
Penjabat gubernur Kaltim Akmal Malik bersama Ketua Bawaslu Kaltim Hari Darmanto membahas pengawasan Pemilu 2024. Foto: Antara/HO-Adpim Pemprov Kaltim

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kaltim berupaya mengantisipasi ancaman siber dan berita hoaks saat Pemilu 2024.

Salah satu upaya yang dilakukan Bawaslu Kaltim dengan  menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Ketua Bawaslu Kaltim Hari Darmanto menyampaikan sinergi lembaganya dengan BSSN mengarah pada pencegahan dan penindakan terhadap sejumlah informasi yang marak beredar di media sosial menjelang Pemilu.

"Kami sangat mengapresiasi peran BSSN di sini, karena kami membutuhkan dukungan dari pihak yang memiliki kompetensi di bidang siber," kata Hari Darmanto dikutip, Senin (22/1).

Hari berharap BSSN dapat membantu Bawaslu Kaltim dalam mengidentifikasi, mencegah, serta menindaklanjuti serangan siber dan hoaks yang dapat mengganggu proses dan tahapan Pemilu 2024.

Saat ini, lanjut Hari, pihaknya telah melakukan pengawasan dan integrasi data terkait dengan kampanye dan pelanggaran yang terjadi di media sosial.

Namun, Hari mengakui tantangan di bidang siber sangat kompleks dan memerlukan kerja sama dari berbagai pihak.

"Kami berharap BSSN dapat memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat agar mereka dapat lebih kritis dan cerdas dalam menggunakan media sosial," ujar Hari.

Tangkal hoaks menjelang Pemilu 2024, Bawaslu Kaltim menggandeng BSSN
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia