Pengamat Sebut Pj Gubernur Kaltim yang Ideal Harus Memiliki 9 Kriteria Ini

Rabu, 30 Agustus 2023 – 07:23 WIB
Pengamat Sebut Pj Gubernur Kaltim yang Ideal Harus Memiliki 9 Kriteria Ini - JPNN.com Kaltim
Masa jabatan Isran Noor sebagai Gubernur Kaltim akan berakhir pada Oktober 2023 mendatang. Pemerintah selanjutnya akan menunjuk seseorang menjadi Pj Gubernur Kaltim. Foto : Adpim Setdaprov Kaltim.

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Pengamat politik dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda Sonny Sudiar mengomentari sosok yang ideal menjadi Penjabat Gubernur Kaltim.

Hal ini disampaikan seiring segera berakhirnya masa jabatan Isran Noor sebagai Gubernur Kaltim pada Oktober 2023 mendatang.

Menurut Sonny, idealnya tokoh daerah setempat atau putra daerah yang ditunjuk pemerintah menjadi penjabat kepala daerah, tak terkecuali Pj Gubernur Kaltim.

Dia juga menyebutkan ada 9 kriteria yang harus dimiliki oleh Pj Gubernur Kaltim agar program pembangunan yang telah dilaksanakan gubernur sebelumnya bisa berlanjut hingga tuntas.

"Sehingga masyarakat Kaltim bisa mendapatkan manfaat atas program pembangunan tersebut," kata Sonny ditemui di Samarinda, Selasa (29/8).

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unmul itu merincikan, kriteria pertama adalah figur yang mengerti visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategi (Renstra), dan Rencana Kerja (Renja) Provinsi Kaltim.

Kriteria kedua, lanjut Sonny, berkomitmen terhadap kedaulatan pembangunan bagi warga Kaltim.

Kemudian bersedia melanjutkan atau mengakomodasi program yang direncanakan dan sudah dijalankan gubernur dan wagub sebelumnya.

Pengamat politik dari Unmul Sonny Sudiar menyebutkan 9 kriteria ideal yang harus dimiliki Pj Gubernur Kaltim, selain tokoh daerah setempat atau putra daerah
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia