Stafsus Menteri LHK Hadiri Penanaman Pohon di Serambi Nusantara, Singgung Perubahan Iklim

Rabu, 06 Desember 2023 – 10:27 WIB
Stafsus Menteri LHK Hadiri Penanaman Pohon di Serambi Nusantara, Singgung Perubahan Iklim - JPNN.com Kaltim
Staf Khusus Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Taruna Jaya (paling kiri) setelah menanam pohon di Penajam Paser Utara, Rabu (6/12). Foto: M Ghofar/Antara

kaltim.jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Staf Khusus (Stafsus) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Taruna Jaya menghadiri penanaman pohon  di Serambi Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu (6/12). 

Kegiatan tersebut dilatarbelakangi semangat memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) pada Desember 2023.

Menurut Taruna Jaya, kegiatan semacam ini telah berjalan dari tahun ke tahun dengan tujuan membangkitkan semangat, motivasi, dan membudayakan tanam dan memelihara pohon.

"Saat ini kita menghadapi perubahan iklim di tingkat lokal, regional, maupun global," kata Taruna Jaya.

Kondisi tersebut, lanjut dia, antara lain dipicu peningkatan emisi gas rumah kaca yang bersumber dari peningkatan industri berbahan bakar fosil, tutupan lahan hijau berupa pohon yang semakin menyusut, dan kebakaran hutan maupun lahan.

Taruna Jaya mengungkapkan kondisi tersebut mengakibatkan permasalahan perubahan iklim dengan berbagai ancaman kehidupan, antara lain perubahan pola curah hujan dan anomali iklim ekstrem, seperti peningkatan El Nino.

Permasalahan lainnya yang diakibatkan oleh perubahan iklim, yakni peningkatan tinggi permukaan air laut dan hilangnya daratan, masalah produktivitas tanaman pangan, masalah bencana alam seperti kekeringan, banjir, dan angin.

Kemudian penurunan keanekaragaman hayati, serta risiko terhadap kesehatan, keselamatan, keamanan dan lingkungan bagi masyarakat.

Stafsus Menteri LHK Taruna Jaya menghadiri penanaman pohon di Serambi Nusantara
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia