BPDAS-MB Samarinda Sebar 5 Juta Bibit Pohon ke IKN hingga Kaltara, Ini Tujuannya

Rabu, 06 Desember 2023 – 09:25 WIB
BPDAS-MB Samarinda Sebar 5 Juta Bibit Pohon ke IKN hingga Kaltara, Ini Tujuannya - JPNN.com Kaltim
Bibit pohon buah produktif dari BPDAS-MB siap ditanam di seputar Stadion Panglima Santik, Penajam Paser Utara pada hari ini, Rabu (6/12). Foto: M Ghofar/Antara

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Mahakam Berau (BPDAS-MB) Samarinda mendistribusikan sekitar 5 juta bibit pohon ke beberapa kawasan, antara lain ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Balikpapan hingga Kalimantan Utara.

"Bibit pohon sebanyak itu, ada yang kami ambil dari Persemaian Mentawir di IKN dan ada yang dikembangkan melalui kebun bibit rakyat berupa tanaman buah produktif," ujar Kasi Penguatan Kelembagaan DAS pada BPDAS-MB Samarinda Solehudin.

Bibit yang telah ditanam dan didistribusikan terdiri atas berbagai jenis, antara lain bibit pohon endemik dan bibit buah khas Kalimantan, dan bibit pohon buah produktif yang sering dikonsumsi masyarakat.

Solehudin menyebut bibit pohon tersebut ada yang ditanam masyarakat pekebun, kelompok tani, kelompok pecinta lingkungan sebagai penghijauan, dan ada yang penanaman dilakukan secara seremonial namun serentak.

Untuk penanaman secara seremoni, lanjut Soleh, setidaknya tahun ini telah dilakukan lima kali.

Pertama, penanaman di IKN bersama Menteri Lingkungan Hidup Republik Kongo, kemudian penanaman bersama Senator Amerika Serikat yang juga di kawasan IKN.

Berikutnya penanaman yang dilakukan bersama dengan TNI dan Polri di Pantai Lamaru Balikpapan, berupa bibit mangrove.

Kemudian penghijauan dengan Kodam VI/Mulawarman di area eks tambang batu bara di kawasan Bukit Tengkorak, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

BPDAS-MB Samarinda dalam tahun ini telah menyebar 5 juta bibit pohon ke IKN hingga Kaltara
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia