Mahulu dan Berau Sulit Wujudkan Internet Desa, Ini Penyebabnya

Selasa, 14 Februari 2023 – 01:48 WIB
 Mahulu dan Berau Sulit Wujudkan Internet Desa, Ini Penyebabnya - JPNN.com Kaltim
Kabid Teknologi Informasi Komunikasi dan Persandian Dianto. Foto: Antara

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) dan Berau termasuk dari enam wilayah di Kaltim yang dinilai masih sulit mewujudkan program Internet Desa.

Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi dan Persandian Dianto mengungkapkan penyebab yang menjadi kendala bagi Pemkab Mahulu maupun Berau.

"Lokasi desanya sangat jauh dari pusat pemerintah di kabupaten," ungkap Dianto, Senin (14/2).

Empat wilayah lainnya, yakni Paser, Kutai Timur, Kutai Barat, dan Kutai Kartanegara juga memiliki kendala yang hampir sama.

"Memang tidak semua desanya tidak ada jangkauan internet, hanya beberapa desa yang lokasinya jauh dari pusat pemerintahan kabupaten yang sulit akses internet," bebernya lagi.

Menyikapi kondisi tersebut, kata Dianto, pihaknya telah mengundang Diskominfo dari enam wilayah tersebut untuk membahas proses pemasangan internet yang di desa mereka.

"Kami mengundang Diskominfo kabupaten untuk duduk bersama membicarakan penyediaan layanan akases internet di pedesaan," kata Dianto.

Menurut Dianto, enam wilayah tersebut yang selama ini belum mampu dijangkau jaringan operator seluler.

Enam wilayah di Kaltim dinilai sulit mewujudkan program Internet Desa, dua di antaranya paling susah dan sulit dijangkau, yakni Mahulu dan Berau
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia