Marak Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Simak Imbauan Penting Dinkes Balikpapan

Jumat, 21 Oktober 2022 – 17:35 WIB
 Marak Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Simak Imbauan Penting Dinkes Balikpapan - JPNN.com Kaltim
Dinkes Balikpapan menyampaikan imbauan penting menyikapi maraknya kasus gagal ginjal akut anak di sejumlah daerah. Foto: ilustrasi/Ricardo/JPNN.com

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Dinas Kesehatan Kota Balikpapan melalui surat edarannya nomor 445/179/Dinkes menyampaikan pentingnya kewaspadaan dini terhadap kasus gagal ginjal akut pada anak yang marak terjadi di sejumlah daerah.

Sejumlah imbauan disampaikan Dinkes Balikpapan dalam surat edarannya tersebut.

Pertama, perlunya kewaspadaan orang tua yang memiliki anak, terutama berusia kurang dari 6 tahun dengan gejala penurunan volume atau frekuensi urine atau tidak ada urine dengan atau tanpa demam/gejala prodromal lain untuk segera dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Orang tua yang memiliki anak terutama usia balita untuk sementara tidak mengkonsumsi obat-obatan yang didapatkan secara bebas tanpa anjuran dari tenaga kesehatan yang kompetensi," bunyi edaran Dinkes Balikpapan tersebut.

Pihak Dinkes juga menyampaikan terkait perawatan anak sakit yang menderita demam di rumah lebih mengedepankan tata laksana nonfarmakologis, seperti mencukupi kebutuhan cairan, kompres air hangat, dan menggunakan pakaian tipis.

"Jika terdapat tanda-tanda bahaya, segera bawa anak ke fasilitas kesehatan terdekat," imbaunya.

Sementara itu, kewaspadaan juga ditujukan jika menemukan anak usai kurang dari 18 tahun dengan gejala oliguria atau anuria dengan atau tanpa demam, yang tidak diketahui penyebabnya untuk dilakukan tata laksana dan manajemen klinis serta pelaporan kasus secara terpadu.

Dalam surat edarannya tersebut, Dinkes Balikpapan juga menyampaikan pesan penting untuk seluruh fasilitas kesehatan (faskes), baik pelayanan kesehatan tingkat pertama maupun rujukan tingkat lanjutan yang menerima kasus gangguan akut untuk melaporkan melalui link yang tersedia pada aplikasi RS Online.

Dinkes Balikpapan menyampaikan imbauan penting menyikapi maraknya kasus gagal ginjal akut anak di sejumlah daerah
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia