Kaltim Masuk Daftar Provinsi Paling Rawan di Pemilu 2024

Jumat, 16 Desember 2022 – 14:11 WIB
Kaltim Masuk Daftar Provinsi Paling Rawan di Pemilu 2024 - JPNN.com Kaltim
Anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat menyampaikan paparan dalam acara 'Launching Indeks Kerawanan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024' di Jakarta, Jumat (16/12). Foto: Tri Meilani Ameliya/Antara

kaltim.jpnn.com, JAKARTA - Kalimantan Timur (Kaltim) masuk dalam daftar provinsi dengan tingkat kerawanan tertinggi dalam penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merilis lima provinsi dengan tingkat kerawanan tertinggi dalam penyelenggaraan Pemilu berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2024 mengacu pada pendekatan hasil input Bawaslu provinsi.

"Jika mengacu pendekatan pertama, yakni hasil input bawaslu provinsi, IKP Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 mencatatkan ada lima provinsi atau 15 persen yang masuk kategori kerawanan tinggi," kata anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat menyampaikan paparan di acara 'Launching Indeks Kerawanan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024', Jumat (16/12).

Lima provinsi tersebut adalah DKI Jakarta dengan skor kerawanan sebesar 88,95, Sulawesi Utara (87,48), Maluku Utara (84,86), Jawa Barat (77,04), dan Kaltim (77,04).

Lebih lanjut Lolly menyampaikan indeks kerawanan dalam laporan yang dirilis oleh Bawaslu itu merujuk pada semua hal yang dapat mengganggu dan menghambat pelaksanaan Pemilu 2024 yang demokratis.

Lolly lantas mengatakan bahwa Bawaslu mengukur indeks kerawanan Pemilu 2024 di tingkat provinsi itu berdasarkan 61 indikator dari empat dimensi, yakni sosial dan politik, penyelenggaraan pemilu, kontestasi, serta dimensi partisipasi.

Menurut Lolly, penyelenggaraan pemilu merupakan dimensi yang paling berkontribusi terhadap potensi lahirnya kerawanan pemilu jika dibandingkan dengan tiga dimensi lainnya.

Di tingkat provinsi, kata dia, dimensi penyelenggaraan pemilu tercatat menjadi dimensi paling tinggi dalam memengaruhi kerawanan pemilu dengan skor 54,27.

Bawaslu merilis lima provinsi dengan tingkat kerawanan tertinggi dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, salah satunya Kaltim
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia