Partai Ummat yang Didirikan Amien Rais Gagal Ikut Pemilu 2024, Ini Penyebabnya

Kamis, 15 Desember 2022 – 14:58 WIB
Partai Ummat yang Didirikan Amien Rais Gagal Ikut Pemilu 2024, Ini Penyebabnya - JPNN.com Kaltim
Amien Rais saat meluncurkan logo Partai Ummat. Foto: tangkapan layar/Youtube/@Amien Rais Offical

kaltim.jpnn.com, JAKARTA - Partai Ummat yang didirikan oleh seorang tokoh nasional Amien Rais gagal ikut Pemilu 2024.

Pasalnya, Partai Ummat dinyatakan tidak memenuhi syarat verifikasi faktual di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Utara.

Komisioner KPU Idham Holik mengungkapkan Partai Ummat tidak pernah menyampaikan pernyataan keberatan saat rekapitulasi hasil verifikasi di tingkat provinsi di NTT dan Sulawesi Utara.

"Saya bertanya kepada rekan-rekan di dua KPU provinsi tersebut, apakah ada keberatan dari LO (liaison officer) Partai Ummat pada saat rekapitulasi hasil verifikasi faktual di tingkat provinsi," kata Idham kepada wartawan, Kamis (15/8) dilansir JPNN.com.

"Mereka menyampaikan tidak ada keberatan," lanjutnya.

Menurut Idham Holik, seharusnya Partai Ummat menyampaikan keberatan saat rekapitulasi hasil verifikasi tingkat kota/kabupaten dan provinsi jika merasa ada hak-haknya yang terlanggar dalam proses verifikasi di lapangan.

"Surat keberatan itu hanya disampaikan di tingkat KPU RI. Di tingkat kabupaten dan kota, di tingkat provinsi, itu tidak ada keberatan," tegas Idham.

Idham menyebutkan KPU RI tingkat pusat yang menjadi rekapitulator akhir dari rekapitulasi verifikasi faktual mulai dari kabupaten/kota dan provinsi.

Komisioner KPU Idham Holik buka suara soal penyebab Partai Ummat yang didirikan Amien Rais gagal ikut Pemilu 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News