Mohon Maaf, Kata Pengamat Ini, AHY Tidak Masuk Kriteria Cawapres Anies Baswedan, Kok Bisa?

Kamis, 20 Oktober 2022 – 21:56 WIB
Mohon Maaf, Kata Pengamat Ini,  AHY Tidak Masuk Kriteria Cawapres Anies Baswedan, Kok Bisa? - JPNN.com Kaltim
Capres NasDem Anies Baswedan saat bersilaturahmi dengan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Demokrat Jakarta, Jumat (7/10/2022). Foto: dokumentasi DPP Partai Demokrat

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Rumah Politik Indonesia Fernando Emas menilai Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak masuk kriteria calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Anies Baswedan.

"Dalam politik dibutuhkan beberapa kriteria dalam membangun koalisi, sebagaimana disyaratkan Anies ke calon cawapresnya," kata Fernando Emas melalui keterangan yang diterima, Kamis (20/10).

Fernando menilai sangat wajar jika AHY tidak masuk kriteria sehingga jika Anies-AHY dipaksakan berpasangan maka peluang kemenangan sangat kecil.

Dia menjelaskan berdasarkan kriteria yang diisyaratkan, Anies Baswedan membutuhkan sosok yang memberikan kontribusi dalam pemenangan.

Menurut dia, sejauh ini elektabilitas AHY yang tercermin dari berbagai survei tidak banyak membantu mendongkrak elektabilitas Anies Baswedan.

Meskipun harus diakui, AHY sebagai ketua umum partai maupun mantan militer. 

Dua faktor itu, kata dia, sangat menguntungkan AHY, tetapi tidak cukup mampu mempengaruhi masyarakat untuk mendukungnya pada Pemilu 2024.

Selanjutnya, kriteria kedua Anies membutuhkan sosok yang dapat membantu memperkuat stabilitas koalisi. 

Pengamat politik Fernando Emas menyebut Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak masuk kriteria cawapres Anies Baswedan
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia