Liga 1 akan Kembali Digulirkan Sampai Ketum dan Exco PSSI Mundur

Jumat, 14 Oktober 2022 – 23:55 WIB
Liga 1 akan Kembali Digulirkan Sampai Ketum dan Exco PSSI Mundur - JPNN.com Kaltim
TGIPF Peristiwa Stadion Kanjuruhan Malang menyampaikan keterangan pers usai menyerahkan laporan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (14/10/2022). (ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)

kaltim.jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI dan seluruh jajaran Exco harus mengundurkan diri sebagai salah satu rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) terkait Tragedi Kanjuruhan jika Liga 1 bisa digulirkan kembali.

Total ada 12 rekomendasi TGIPF untuk PSSI dan telah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi. 

Dalam poin A rekomendasi TGIPF tersebut, ditegaskan pemerintah memang tidak mungkin mengintervensi PSSI. 

"Namun, dalam negara Indonesia yang memiliki dasar moral dan etika serta budaya adiluhung, sudah sepatutnya Ketua Umum PSSI dan seluruh jajaran Komite Eksekutif mengundurkan diri," bunyi cuplikan rekomendasi tersebut seperti dilansir JPNN.com

Pengunduran diri itu sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas jatuhnya korban sebanyak 712 orang dalam Tragedi Kanjuruhan.

Jumlah itu terdiri dari 132 orang meninggal dunia, 96 orang luka berat, dan 484 orang luka sedang/ringan yang sebagian bisa saja mengalami dampak jangka panjang.

Bukan hanya itu, TGIPF juga merekomendasikan untuk menjaga keberlangsungan kepengurusan PSSI dengan menggelar forum tertinggi di PSSI, yakni kongres.

"Untuk menjaga keberlangsungan kepengurusan PSSI dan menyelamatkan persepakbolaan nasional, pemangku kepentingan PSSI diminta untuk melakukan percepatan kongres atau menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menghasilkan kepengurusan PSSI yang berintegritas, profesional, bertanggung jawab, dan bebas dari konflik kepentingan," bunyi rekomendasi TGIPF.

TGIPF mengeluarkan 12 rekomendasi untuk PSSI dan telah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo terkait Tragedi Kanjuruhan
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia