Penipu Berkedok Agen Umrah Sudah Ditangkap dan Kini Jadi Tersangka, Tuh Tampangnya!

Sabtu, 28 September 2024 – 15:54 WIB
Penipu Berkedok Agen Umrah Sudah Ditangkap dan Kini Jadi Tersangka, Tuh Tampangnya! - JPNN.com Kaltim
Polisi menangkap seorang pelaku penipuan berinisial AH yang dalam menjalankan aksinya berkedok agen umrah. Foto: ANTARA/HO-Polsek Banjarmasin Barat

kaltim.jpnn.com, BANJARMASIN - Seorang pria berinisial AH (49) akhirnya ditangkap polisi dan kini berstatus sebagai tersangka.

Pelaku penggelapan dan penipuan yang berkedok agen umrah itu ditangkap petugas Unit Reskrim Polsek Banjarmasin Barat itu ditangkap di rumahnya di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Rabu (25/9) dini hari sekitar pukul 00.15 WITA.

"AH menipu korban yang menjanjikan berangkat umrah, setelah mendapatkan sejumlah uang, pelaku pun kabur," ungkap Kapolsek Banjarmasin Barat Kompol Aris Munandar dikutip dari Antara, Sabtu (28/9).

Selain menangkap pelaku pelaku, polisi menyita beberapa barang bukti, antara lain 30 lembar surat penunjukan agen dari salah satu perusahaan  travel yang melayani perjalanan umrah dan haji, daftar jemaah yang tercatat pada perusahaan tersebut per 10 Oktober-24 Desember 2023, dan 78 paspor warna biru dengan biaya menggunakan uang milik korban.

Polisi juga mengamankan satu lembar baju warna merah yang sudah dijahitkan dari perusahaan  travel yang melayani perjalanan umrah dan haji tersebut, satu lembar buku panduan, satu unit penyimpan data (flashdisk) yang berisi rekaman video dan foto saat kejadian serta foto screenshoot komunikasi korban dengan pelaku melalui aplikasi WhatsApp.

Petugas juga menemukan satu lembar nota dari perusahaan travel yang melayani perjalanan umrah dan haji lainnya yang diberikan dari pelaku ke korban.

"Atas perbuatan pelaku, korban mengalami kerugian sebesar Rp 33 juta dan langsung membuat laporan polisi ke Polsek Banjarmasin Barat," beber Aris.

Aris menjelaskan kronologi kejadian berawal saat pelaku menjanjikan kepada korban untuk memberangkatkan umrah namun sampai saat ini korban tidak kunjung diberangkatkan.

Polisi menangkap AH, pelaku penipuan berkedok sebagai agen umrah. Saat ini AH sudah menjadi tersangka dan ditahan
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News