Si Jago Merah Mengamuk di Kawasan Padat Penduduk di Sungai Dama, 10 Bangunan Terbakar

Kamis, 10 Oktober 2024 – 08:42 WIB
Si Jago Merah Mengamuk di Kawasan Padat Penduduk di Sungai Dama, 10 Bangunan Terbakar - JPNN.com Kaltim
Kebakaran terjadi di kawasan pemukiman padat penduduk di Jalan Kakap Gang 1, 2, dan 3 RT 09 dan 10 Kelurahan Sungai Dama, Kota Samarinda pada Rabu (9/10) malam. Foto: Ilustrasi/Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Kebakaran terjadi di kawasan pemukiman padat penduduk di Jalan Kakap Gang 1, 2, dan 3 RT 09 dan 10 Kelurahan Sungai Dama pada Rabu (9/10) malam.

Amukan si jago merah tersebut mengakibatkan 10 bangunan hangus terbakar, dan lima bangunan lainnya terdampak.

Data tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda Hendra AH.

"Api yang berkobar sekitar pukul 21.10 WITA menghanguskan sepuluh bangunan dan berdampak pada lima bangunan lainnya," kata Hendra AH, dikutip Kamis (10/10).
 
Hendra mengatakan pihaknya segera mengerahkan 14 unit mobil pemadam kebakaran, termasuk bantuan dari PMK swasta, dan 22 mesin portable relawan ke lokasi kejadian.
 
Kobaran api yang dengan cepat merambat melalui bangunan yang mayoritas terbuat dari kayu membuat petugas kesulitan menjangkau titik api.
 
"Akses gang yang sempit menjadi kendala utama dalam proses pemadaman," ungkap Hendra.
 
Setelah berjibaku selama lebih dari dua jam, api akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 23.20 WITA. 

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," ucap Hendra.

Meski  demikian, satu sukarelawan mengalami luka ringan dan satu sukarelawan lainnya mengalami sesak napas akibat terpapar asap tebal. 

Kedua sukarelawan tersebut langsung mendapatkan perawatan medis dari Tim Medis Emergency Medical Team (EMT-ITS) yang siaga di lokasi.
 
Berdasarkan data sementara, 10 bangunan yang terbakar, terdiri dari dua bangsal lima pintu di Gang 1, satu bangsal dua pintu dan enam rumah tunggal di Gang 2, dan satu bangsal tiga pintu di Gang 3. 

Sebanyak 13 kepala keluarga (KK) atau 39 jiwa terdampak kebakaran ini.
 
"Dugaan sementara, api berasal dari salah satu kamar di lantai dua rumah warga. Namun, penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," kata Hendra.
 
Dia menambahkan proses pemadaman dan evakuasi melibatkan berbagai unsur, antara lain relawan Kota Samarinda, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda, BPBD Kota Samarinda, BPBD Provinsi Kaltim.

Kebakaran terjadi di kawasan pemukiman padat penduduk di Kelurahan Sungai Dama, Samarinda mengakibatkan 10 bangunan hangus terbakar

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News