Anak Usaha RAJA Teken Kontrak Proyek Pipanisasi BBM Tanjung Batu-Samarinda

Rabu, 09 Oktober 2024 – 11:10 WIB
Anak Usaha RAJA Teken Kontrak Proyek Pipanisasi BBM Tanjung Batu-Samarinda - JPNN.com Kaltim
Pekerja perusahaan industri hulu migas PT Rukun Raharja Tbk. Foto: Ilustrasi/ANTARA/HO-RAJA

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Emiten energi PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) mengumumkan anak perusahaannya PT Pertrotech Penta Nusa (PETRO) bersama konsorsium PT Citra Panji Manunggal (CPM) dan PT Bakrie Pipe Industries (BPI) menandatangani perjanjian penyediaan jasa pipanisasi BBM Tanjung Batu-Samarinda dengan PT Pertamina Patra Niaga.

Proyek strategis tersebut mencakup pembangunan jaringan pipa BBM baru sepanjang 120 kilometer yang menghubungkan TBBM Tanjung Batu (Balikpapan) ke TBBM Samarinda dan TBBM Palaran di Kaltim.

Direktur Utama PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) Djauhar Maulidi mengatakan ekspansi jaringan pipa BBM itu sejalan dengan strategi jangka panjang perseroan untuk memperkuat kemampuan distribusi energi di wilayah-wilayah strategis.

"Ini adalah bukti komitmen kami terhadap pertumbuhan berkelanjutan dan peningkatan kehadiran kami pada infrastruktur migas," ujar Djauhar dalam keterangannya, dikutip Rabu (9/10).

Dia pun optimistis proyek ini akan memainkan peran penting dalam menjaga keamanan energi nasional serta mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di Kaltim.

Menurut Djauhar, pencapaian tersebut merupakan salah satu tonggak penting bagi RAJA dalam memperluas portofolio bisnis infrastruktur energi di Indonesia, sekaligus menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan sektor energi nasional.

Proyek itu diperkirakan bernilai Rp 3 triliun dan dijadwalkan memulai konstruksi pada kuartal IV 2024. 

Target operasi komersial (Commercial Operation Date/COD) diharapkan tercapai pada kuartal IV 2026.

Anak usaha RAJA, PT Pertrotech Penta Nusa (PETRO) teken kontrak proyek pipanisasi BBM Tanjung Batu-Samarinda dengan PT Pertamina Patra Niaga
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News