Pemerintah Libatkan Investor untuk Pengembangan UMKM di Daerah Mitra IKN

Jumat, 19 Juli 2024 – 17:10 WIB
Pemerintah Libatkan Investor untuk Pengembangan UMKM di Daerah Mitra IKN - JPNN.com Kaltim
Kedeputian I Kantor Staf Presiden melakukan kunjungan lapangan ke UMKM di daerah mitra IKN di Samarinda, Jumat (19/7). Foto: ANTARA/HO-KSP

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Pemerintah memberi dukungan penuh kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah mitra Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pernyataan tersebut disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Sudiyarto yang melakukan kunjungan lapangan di Samarinda, Kaltim, Jumat (19/7).

“Pelaku UMKM perlu diberikan kesempatan terlibat, baik di IKN maupun daerah mitra IKN,” kata Sudiyarto dalam keterangannya, Jumat (19/7).

Dia menyampaikan KSP melibatkan peran investor untuk mengembangkan UMKM di sekitar daerah mitra IKN.

Pemerintah juga memfasilitasi penghargaan pada Forum Kemitraan Investasi yang akan diserahkan kepada para pelaku usaha yang berkomitmen dan menjalankan kemitraan tersebut.

Kemitraan investasi antara usaha besar dan UMKM ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Menteri Investasi/Kepala BKPM Nomor 1 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kemitraan di Bidang Penanaman Modal antara Usaha Besar dengan UMKM.

Pemerintah juga mengimbau instansi pemerintahan untuk menggunakan produk UMKM.

Dalam kunjungan lapangan tersebut, Kedeputian I KSP bertemu dengan para pengusaha UMKM dari berbagai sektor, seperti kuliner, kerajinan tangan, dan fesyen.

Pemerintah mendukung pengembangan UMKM di daerah mitra IKN, salah satunya dengan melibatkan peran investor
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia