Bahtiar Baharuddin Sebut Sulbar Potensial Menjadi Penyangga Ekonomi IKN di Kaltim

Senin, 20 Mei 2024 – 10:35 WIB
Bahtiar Baharuddin Sebut Sulbar Potensial Menjadi Penyangga Ekonomi IKN di Kaltim - JPNN.com Kaltim
Bahtiar Baharuddin tiba di Mamuju pada Minggu (19/5) setelah dilantik Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Penjabat Gubernur Sulbar menggantikan Zudan Arif Fakrullah. Foto: ANTARA Foto/HO Humas Pemprov Sulbar

kaltim.jpnn.com, MAMUJU - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Bahtiar Baharuddin menekankan pentingnya mengoptimalkan potensi daerah sebagai penyanggah ekonomi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim

"Sulbar daerah potensial, karena kaya akan sumber daya alam di berbagai sektor sehingga akan dijadikan penyangga kebutuhan ekonomi IKN," kata Bahtiar dikutip, Senin (20/5).

Bahtiar yang sebelumnya menjabat Pj Gubernur Sulawesi Selatan ini mengatakan Sulbar memiliki panjang garis pantai hingga 700 kilometer sehingga kaya akan sumber daya perikanan dengan produksinya mencapai 18 ribu ton per tahun.

Sulbar juga telah dikembangkan tiga komoditi unggulan, yakni kelapa sawit seluas 37 ribu hektare, kakao 145 ribu hektare, dan tanaman padi yang mencapai 69 ribu hektare.

Bahtiar mengatakan Pemprov Sulbar akan meningkatkan konektivitas wilayah dengan seluruh daerah yang menjadi penyangga IKN dengan membangun infrastruktur pendukung guna mewujudkan visi pembangunan daerah penyanggah ekonomi Ibu Kota Negara yang baru tersebut.

"Konektivitas wilayah harus dibangun agar aktivitas ekonomi meningkat, sehingga Sulbar menjadi penyangga kebutuhan ekonomi IKN dapat diwujudkan, yang juga akan berdampak bagi pembangunan ekonomi serta kesejahteraan masyarakatnya," kata Bahtiar. 

Dia menyebut Sulbar yang kini berusia 20 tahun merupakan daerah berkembang yang telah mencapai banyak keberhasilan pembangunan sehingga  harus terus ditingkatkan.

"Sulbar adalah daerah yang memiliki masyarakat dengan indeks kebahagiaan yang cukup tinggi, dan saya sangat senang bisa memimpin Sulbar sesuai amanah Presiden dan Menteri Dalam Negeri, dan Sulbar sudah seperti kampung halaman saya, karena keluarga saya banyak berada di sini," ujar Bahtiar. (antara/jpnn)

Pemprov Sulbar akan meningkatkan konektivitas wilayah dengan seluruh daerah yang menjadi penyangga IKN dengan membangun infrastruktur pendukung

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia