Pesan Penting Letkol Ginanjar Wahyutomo untuk Semua Prajurit TNI di Kodim 0909/Kutim

Selasa, 23 April 2024 – 10:20 WIB
Pesan Penting Letkol Ginanjar Wahyutomo untuk Semua Prajurit TNI di Kodim 0909/Kutim - JPNN.com Kaltim
Komandan Kodim 0909/ Kutai Timur Letkol Infanteri Ginanjar Wahyutomo. Foto: Antara/ HO Pendim 0909/Kutim

kaltim.jpnn.com, KUTAI TIMUR - Komandan Kodim 0909/Kutai Timur Letkol Inf Ginanjar Wahyutomo mengajak semua prajurit dan jajarannya menjunjung tinggi budaya lokal.

Sebab, budaya merupakan warisan leluhur yang harus dipertahankan dan dilestarikan.

"Semua prajurit harus meresapi moto 'di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung' yang berarti harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya maupun tradisi lokal," kata Letkol Ginanjar Wahyutomo dikutip, Selasa (23/4).

Dia menyebut Kodim 0909/Kutim membawahi 18 kecamatan dan 141 desa yang masing-masing wilayah tersebut memiliki karakteristik dan adat budaya yang berbeda dan semuanya harus dihormati.

Adat dan budaya bisa berbeda, kata Letkol Ginanjar, selain suku asli di Kutim yang terdiri dari berbagai sub-suku, ada juga berbagai macam suku dari seluruh Indonesia yang telah lama tinggal dan menetap di sejumlah kecamatan.

Kondisi tersebut menjadikan Kutim menjadi kabupaten yang berbhinneka tunggal ika.

"Masing-masing wilayah dengan berbagai jenis adat dan budaya ini, semuanya harus kita hormati dan sama-sama melestarikan. Bahkan wajib kita junjung tinggi adat istiadat mereka, karena merupakan kekayaan yang nilainya tak terhingga," terangnya.

Salah satu bentuk menjunjung tinggi nilai-nilai budaya tersebut, Letkol Ginanjar telah memerintahkan semua Babinsa di masing-masing desa untuk membantu masyarakat yang akan menyelenggarakan kegiatan budaya maupun kegiatan lain.

Simak pesan penting Letkol Ginanjar Wahyutomo untuk semua prajurit TNI di Kodim 0909/Kutim
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia