Pemkot Samarinda Upayakan Kerja Target Bebas Rabies 2028, Siapkan Vaksin Gratis!

Minggu, 08 Oktober 2023 – 21:42 WIB
Pemkot Samarinda Upayakan Kerja Target Bebas Rabies 2028, Siapkan Vaksin Gratis! - JPNN.com Kaltim
Petugas memberikan vaksin rabies pada monyet. Foto: ilustrasi/antara

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Pemkot Samarinda menyiapkan 5 ribu dosis vaksin rabies gratis untuk warganya yang ingin memvaksin hewan peliharaan.

Sekda Kota Samarinda Hero Mardanus Satyawan menekankan pentingnya mengatasi wabah zoonosis, seperti penyakit rabies yang masih ada di daerah tersebut.

"Pemerintah kota telah berkomitmen untuk memberantas penyakit menular, salah satunya rabies secara tuntas sehingga Kota Samarinda bebas dari rabies pada tahun 2028," kata Hero Mardinus dalam keterangannya, Minggu (8/10).

Pada kesempatan itu, Sekda Hero Mardanus melakukan kick off vaksinasi Rabies Massal Gratis oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda dalam peringatan World Rabies Day atau Hari Rabies Sedunia di halaman Museum Kota Samarinda.

Hero mengharapkan kerja sama semua pihak,  lintas sektoral antarorganisasi perangkat daerah di lingkup Pemkot Samarinda serta peran aktif dari masyarakat dalam memerangi penyakit rabies.

"Mari bersama-sama dalam persatuan untuk bisa memberantas penyakit rabies dengan harapan agar hasilnya sesuai dengan apa yang kita harapkan," kata Sekda Hero Mardanus menyampaikan pesan Wali Kota Samarinda Andi Harun.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda Muhammad Darham menambahkan rabies merupakan salah satu virus mematikan yang menyebar ke manusia melalui air liur hewan yang terinfeksi.

Dia menyampaikan rabies biasanya menyebar melalui gigitan hewan, seperti anjing, kelelawar, anjing hutan, rubah, sigung, dan rakun.

Pemkot Samarinda menyiapkan vaksin gratis sebagai upaya mengejar target bebas rabies di 2028
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia