PPU Siap Genjot Produksi Beras untuk Menyuplai Kebutuhan Warga IKN Nusantara

Jumat, 16 Desember 2022 – 18:01 WIB
PPU Siap Genjot Produksi Beras untuk Menyuplai Kebutuhan Warga IKN Nusantara - JPNN.com Kaltim
Lahan pertanian di Kabupaten Penajam Paser Utara. Foto: Novi Abdi-Bagus Purwa/Antara

kaltim.jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berupaya meningkatkan produksi beras untuk memenuhi kebutuhan pangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten PPU Bambang Surijadi menyampaikan saat ini produksi beras di wilayahnya mencapai sekitar 32 ribu ton per tahunnya.

Dari jumlah tersebut, PPU yang berpenduduk 190 ribu jiwa itu mengalami surplus beras sekitar belasan ton setiap tahun mengingat kebutuhan konsumsi masyarakat di daerah tersebut sekitar 16 ribu ton.

"Jika nanti penduduk IKN Nusantara lebih kurang satu juta jiwa, diperkirakan kebutuhan beras mencapai 95 ribu ton per tahun," sebut Bambang Surijadi.

Untuk itu, lanjut Bambang, pemerintah bakal menyiapkan 10 persen lahan di kawasan IKN Nusantara untuk ketahanan pangan.

"Informasi yang kami terima sepuluh persen dari luas IKN Nusantara disiapkan pemerintah pusat untuk ketahanan pangan," terangnya.

Menurut Bambang, kondisi geografis sebagian wilayah PPU yang ditetapkan sebagai kawasan inti IKN Nusantara, yakni Kecamatan Sepaku, cocok untuk tanaman pangan.

"Tanah di Kecamatan Sepaku itu subur sehingga bisa dilakukan percetakan sawah baru dan lahan tanaman hortikultura di kawasan IKN Nusantara," ujar Bambang.

PPU siap meningkatkan produksi beras untuk menyuplai kebutuhan warga IKN Nusantara yang diperkirakan jumlahnya akan mencapai satu juta jiwa
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia