Ini Langkah Strategis Pemprov Kaltim Pastikan Ketersediaan Pangan hingga Lebaran

Selasa, 12 Maret 2024 – 22:04 WIB
Ini Langkah Strategis Pemprov Kaltim Pastikan Ketersediaan Pangan hingga Lebaran - JPNN.com Kaltim
Kepala DPTPH Kaltim Siti Farisyah Yana mengungkapkan sejumlah langkah strategis Pemprov Kaltim untuk memastikan ketersediaan pangan selama Ramadan hingga Lebaran. Foto: ilustrasi/dokumentasi JPNN.com

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Pemprov Kaltim mengambil langkah strategis untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga komoditas pangan, terutama beras, selama Ramadan.

"Persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari dengan menyiapkan stok pangan untuk memenuhi permintaan yang meningkat selama Ramadan," kata Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim Siti Farisyah Yana, Selasa (12/3).

Yana mengungkapkan pihaknya telah bekerja sama dengan Dinas Perdagangan, Perindustrian, UMKM dan Koperasi (Disperindagkop) Kaltim untuk menyiapkan stok yang cukup untuk 1,5-2 bulan ke depan, khususnya untuk komoditas yang permintaannya tinggi selama awal Ramadan hingga Lebaran, seperti beras, gula, telur, hingga bumbu-bumbu.
 
DPTPH Kaltim juga telah mengantisipasi panen lokal dari petani Kaltim yang dijadwalkan bertepatan dengan bulan puasa dan Lebaran.
 
"Kami telah mengatur waktu panen sedemikian rupa sehingga masyarakat dapat mengonsumsi beras baru langsung dari petani yang diperkirakan akan memenuhi sekitar 60 persen permintaan lokal," ungkap Yana.
 
Pemprov Kaltim telah meluncurkan gerakan pangan murah yang dilaksanakan serempak di hampir semua kabupaten dan kota pada 6-10 Maret agar harga pangan stabil.
 
Gerakan ini bertujuan menekan fluktuasi harga yang tajam dan memastikan ketersediaan pangan terjangkau bagi masyarakat.
 
Yana juga menekankan pentingnya persiapan untuk masa tanam berikutnya di bulan Juni, mengingat stok pangan yang terbatas.

Kepala DPTPH Kaltim Siti Farisyah Yana mengungkapkan langkah strategis Pemprov Kaltim untuk memastikan ketersediaan pangan selama Ramadan hingga Lebaran

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia