2 Bakal Caleg PKN Mengundurkan Diri, Segera Menyusul dari PAN 3 Orang Lagi

Minggu, 05 November 2023 – 16:02 WIB
 2 Bakal Caleg PKN Mengundurkan Diri, Segera Menyusul dari PAN 3 Orang Lagi - JPNN.com Kaltim
Kantor KPU Kabupaten Penajam Paser Utara. Foto: Ilustrasi/Nyaman Bagus Purwaniawan/Antara

kaltim.jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Dua orang bakal calon anggota legislatif (caleg)  dari Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) mengundukan diri.

Anggota KPU Kabupaten Penajam Paser Utara Tono Sutrisno menyampaikan semula jumlah jumlah bakal caleg yang masuk daftar sementara sebanyak 355 orang.

Karena itu, lanjut dia, jumlah bakal caleg yang ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2024 kini menjadi 353 orang.

"Sebelum menetapkan daftar calon tetap, kami terlebih dahulu meminta persetujuan kepada semua partai politik," kata Tono Sutrisno, Minggu (5/11).
 
Setelah semua parpol menyatakan sesuai dan setuju, KPU kemudian menetapkan bakal caleg masuk dalam daftar calon tetap pada Jumat (3/11) dan diumumkan sehari kemudian atau Sabtu (4/11).

Tono mengungkapkan jumlah tersebut juga akan berkurang seiring adanya pengajuan pengunduran diri lagi yang diajukan bakal caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN).

"Ada tiga lagi surat pengunduran diri bakal calon legislatif yang ditujukan kepada partai politik ditembuskan kepada KPU setelah daftar pemilih tetap diplenokan," ujarnya.

Tono menyampaikan dari 353 orang yang ditetapkan masuk DCT, terdiri dari 216 laki-laki dan 137 perempuan dan memenuhi syarat keterwakilan perempuan
 
Calon legislatif yang masuk DPT bakal memperebutkan 25 kursi di DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, meliputi daerah pemilihan (Dapil) I yang mencakup wilayah Penajam 12 kursi, Dapil II (wilayah Sepaku) 5 kursi, dan Dapil III (wilayah Waru-Babulu) 8 kursi.

Tiga dari 18 parpol peserta Pemilu 2024, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) hanya ada satu caleg.

Jumlah bakal caleg yang akan memperebutkan 25 kursi DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara berkurang, dua orang dari PKN mengundurkan diri, segera menyusul dari PAN
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia