17 Parpol akan Bertarung Memperebutkan Kursi DPRD Kota Samarinda, Minus Partai Garuda

Senin, 15 Mei 2023 – 12:53 WIB
17 Parpol akan Bertarung Memperebutkan Kursi DPRD Kota Samarinda, Minus Partai Garuda - JPNN.com Kaltim
Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat (dua dari kiri) menerima berkas pendaftaran bacaleg dari PPP, Minggu (14/5). Foto: Arumanto/Antara

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Sebanyak 17 partai politik (parpol) akan bertarung memperebutkan kursi di DPRD Kota Samarinda pada Pemilu 2024.

Hal itu berdasarkan jumlah parpol yang mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD ke KPU Kota Samarinda hingga batas waktu terakhir pendaftaran pada Minggu (14/5) malam pukul 23.59 WITA.

Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat mengungkapkan hanya Partai Garuda yang merupakan salah satu parpol peserta Pemilu 2024 yang tidak menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg.

"Hingga pukul 23.59 WITa kami telah menerima berkas pendaftaran 17 partai politik," kata Firman Hidayat dilansir Antara.

Firman menyampaikan dua parpol, yakni Partai Gelora dan Partai Buruh datang ke KPU menjelang injury time waktu penutupan sehingga meski proses pemeriksaan berkas telah melewati pukul 23.59 WITA, namun kedua partai tersebut tetap dinyatakan telah mendaftarkan diri sesuai dengan jadwal KPU.

"Proses pemeriksaan berkas ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama, khususnya terkait upload di sistem informasi pencalonan atau Silon," ungkapnya.

Firman mengaku para hari terakhir pendaftaran, Minggu 14 Mei 2023, pihaknya menerima banyak pendaftar dari partai politik.

Sejak pukul 08.00 WITA dimulai pendaftaran hingga pukul 23.59, tercatat sembilan partai politik yang menyerahkan berkas pendaftaran bacalegnya ke KPU.

KPU menerima pendaftaran bacaleg DPRD Kota Samarinda dari 16 parpol minus Partai Garuda hingga batas terakhir pendaftaran pada Minggu (14/5)
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia