Pemerintah Berikan Kesempatan Masyarakat Beri Masukan dalam Penyusunan RTDR IKN

Senin, 26 September 2022 – 23:26 WIB
Pemerintah Berikan Kesempatan Masyarakat Beri Masukan dalam Penyusunan RTDR IKN - JPNN.com Kaltim
Suasana kunjungan Presiden Jokowi bersama para menteri dan Ketua DPR RI di Titik Nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kaltim pada pertengahan Juni 2022 lalu. Foto : Dokumentasi Adpim Setdaprov Kaltim.

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Kementerian ATR/BPN masih membuka kesempatan kepada masyarakat memberikan masukan, saran, dan tanggapannya terhadap empat rencana detail tata ruang (RDTR) IKN melalui email dataikn@gmail.com hingga 27 September besok.

Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN Sidik Pramono mengatakan tanggapan tersebut merupakan bagian dari rangkaian konsultasi publik 4 RDTR IKN yang sebelumnya telah digelar di Kota Balikpapan pada Selasa (13/9) lalu. 

"Otorita IKN berharap rangkaian kegiatan ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh  masyarakat untuk menyempurnakan rencana yang sudah ada," terang Sidik dalam keterangan tertulisnya kepada kaltim.jpnn.com, Senin (26/9). 

Sidik menyampaikan pada prinsipnya Otorita IKN akan mengedepankan tata kelola pemerintahan yang baik sehingga prinsip transparansi dan partisipasi harus selalu terimplementasikan dengan baik. 

"Salah satunya melalui konsultasi publik yang terbuka," jelasnya. 

Selain itu, Otorita IKN menyadari pelibatan peran masyarakat menjadi sangat penting dalam seluruh proses pembangunan IKN. 

Mulai dari persiapan, pembangunan, pemindahan, hingga nanti penyelenggaraan Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara. 

"Setelah tahap konsultasi publik tuntas, akan berlanjut dengan konsultasi lintas sektor sebelum RDTR tersebut ditetapkan dalam Peraturan Kepala Otorita IKN," pungkasnya. (mcr14/jpnn) 

Pemerintah memberi kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan dalam penyusunan RTDR IKN

Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Arditya Abdul Aziz

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News