Kabar Terbaru dari Menteri Basuki Soal Rencana Pembangunan Jalur KA Balikpapan-IKN

Jumat, 10 November 2023 – 11:21 WIB
Kabar Terbaru dari Menteri Basuki Soal Rencana Pembangunan Jalur KA Balikpapan-IKN - JPNN.com Kaltim
Pembangunan kawasan inti pusat pemerintahan IKN Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto: M Risyal Hidayat/Antara

kaltim.jpnn.com, TOKYO - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyampaikan perkembangan terkait rencana pembangunan jalur kereta api yang akan menghubungkan Balikpapan dan Ibu Kota Negera (IKN) Nusantara.

Menteri Basuki mengungkapkan Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA) tengah mengkaji proyek pembangunan jalur kereta di Kaltim tersebut.

"Sekarang sedang dikaji pembangunan jalur kereta api dari Balikpapan maupun di kawasan IKN sendiri,” kata Menteri Basuki yang berada di Tokyo, Jepang pada Jumat (10/11).

Basuki mengatakan pembicaraan itu terjadi saat Presiden JICA menemui dirinya dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam jamuan makan siang di Jakarta, dua pekan lalu.

“Presiden JICA datang ke Jakarta, saya dan Menteri Perhubungan makan siang bersama untuk membicarakan itu,” kata Basuki.

Namun belum ada kepastian Jepang  akan menggarap studi kelaikan proyek tersebut.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono  juga sudah menandatangani nota kesepahaman pengembangan tiga daerah potensial di Balikpapan, Samarinda dan IKN Nusantara.

“Kemarin Menteri Pertanahan Infrastruktur dan Transportasi  Jepang juga mengatakan akan menyelesaikan pengkajian pengembangan daerah ini,” kata dia.

Menteri Basuki menyampaikan kabar terbaru soal rencana pembangunan jalur KA yang menghubungkan Balikpapan-IKN
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia