Tolong Dicatat! Ini Syarat Mewujudkan PAUD yang Berkualitas

Rabu, 21 September 2022 – 06:59 WIB
Tolong Dicatat! Ini Syarat Mewujudkan PAUD yang Berkualitas - JPNN.com Kaltim
Wakil Ketua Komisi X DPR yang juga legislator asal Dapil Kaltim, Hetifah Sjaifudian membeberkan syarat untuk mewujudkan PAUD yang berkualitas. Foto:

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian menilai kompetensi sumber daya manusia pada pendidikan anak usia dini (PAUD) harus ditingkatkan.

Pasalnya, kualitas SDM PAUD menjadi penentu utama keberhasilan pengembangan pendidikan.

"Untuk menjadi PAUD berkualitas, salah satu syarat yang harus dilakukan adalah mampu membuat perencanaan yang terarah," kata legislator Kaltim itu melalui keterangan tertulisnya yang diterima, Rabu (21/9).

Hetifah menjelaskan yang dimaksud perencanaan yang terarah itu mulai dari identifikasi, refleksi, pembenahan, dan tindak lanjut kegiatan serta program.

Untuk bisa membuat perencanaan yang andal, dia bersama Direktorat Jenderal PAUD Kemendikbudristek menggelar workshop pendidikan bertajuk 'Peningkatan Kualitas Layanan PAUD melalui Perencanaan Berbasis Data (PBD)', Senin (19/9).

Workshop tersebut diikuti 130 kepala dan para guru PAUD maupun TK/RA dan kelompok belajar di Balikpapan dan Penajam Paser Utara ini digelar di Hotel Novotel.

Dalam kesempatan itu, Hetifah yang menjadi salah satu narasumber menyampaikan, PBD bukan sekadar teknis identifikasi dalam penyusunan atau perencanaan anggaran.

Namun, lanjut dia, perencanaan berbasis data merupakan sebuah alat bantu untuk mencapai perubahan perilaku dan pola pikir yang lebih rasional, transparan, dan akuntabel dalam perencanaan program dan anggaran satuan pendidikan.

Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian membeberkan syarat untuk mewujudkan PAUD yang berkualitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News