KSOP Balikpapan Siapkan 10 Titik Distribusi Logistik Pembangunan IKN, Ini Lokasinya

Jumat, 16 September 2022 – 23:08 WIB
KSOP Balikpapan Siapkan 10 Titik Distribusi Logistik Pembangunan IKN, Ini Lokasinya - JPNN.com Kaltim
Bentang pendek Jembatan Pulau Balang di Teluk Balikpapan. Di sisi kanannya adalah Pulau Balang. Di bentang panjang jembatan, ada satu titik distribusi logistik untuk IKN. Foto: Antara/Novi Abdi

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan menyiapkan 10 titik lokasi di bagian hulu Teluk Balikpapan sebagai sentral distribusi logistik pembangunan IKN Nusantara.

"Dari sepuluh (titik) itu, sudah ada dua yang keluar perizinannya," kata Kepala KSOP Kelas I Balikpapan M Takwim Masuku, Jumat (16/9).

Kedua lokasi tersebut adalah Sekapung dan Bentang Panjang Pulau Balang.

Sementara itu, delapan lokasi lainnya izinnya masih dalam proses.

KSOP juga sudah memetakan alur pelayaran tambahan mulai dari Pelabuhan Semayang di dekat muara Teluk Balikpapan hingga ke-10 titik tersebut yang masih menunggu penetapan.

"Kami terus berkoordinasi dengan para pihak terkait," ujar Takwim.

Menurut Takwim, saat ini juga sudah ada empat badan usaha pelabuhan yang akan mendukung distribusi logistik untuk pembangunan IKN.

Secara khusus, ia menegaskan bagi tempat yang sudah ditetapkan izinnya agar segera ditindaklanjuti oleh pihak-pihak berwenang terkait dengan menyiapkan fasilitas-fasilitas yang diperlukan untuk aktivitas bongkar muat tersebut.

KSOP Balikpapan menyiapkan 10 titik distribusi logistik pembangunan IKN, cek di sini lokasinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News