Masjid Negara di IKN Senilai Rp 940 Miliar Mulai Dibangun, Bisa Tampung 61 Ribu Jemaah

Rabu, 17 Januari 2024 – 11:56 WIB
 Masjid Negara di IKN Senilai Rp 940 Miliar Mulai Dibangun, Bisa Tampung 61 Ribu Jemaah - JPNN.com Kaltim
Presiden Jokowi ketika meresmikan pembangunan Masjid Negara di IKN, Rabu (17/1). Foto: Yashinta Difa/Antara

kaltim.jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dimulainya pembangunan Masjid Negara di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim, Rabu (17/1).

Masjid Negara yang dibangun dengan nilai konstruksi sebesar Rp 940 miliar atau hampir Rp 1 triliun itu memiliki daya tampung jemaah mencapai puluhan ribu orang.

“Tadi Bapak Menteri Agama menyampaikan bahwa kapasitas Masjid Negara ini adalah 61 ribu jemaah,” kata Presiden Jokowi dalam acara groundbreaking pembangunan Masjid Negara.

Jokowi menyampaikan Masjid Negara di IKN akan dibangun dengan dikelilingi embung buatan sehingga akan memperindah tampilan eksterior maupun interiornya.

Tidak hanya itu, kata Jokowi, di kawasan tersebut juga akan dibangun gereja, gereja katedral, vihara, pura, dan klenteng yang akan menunjukkan keragaman agama bangsa Indonesia.

“Ini akan menunjukkan betapa kita ini sangat beragam, tetapi kerukunan akan terus kita jaga untuk membangun persatuan di negara kita,” ujar Kepala Negara.

Masjid Negara di IKN akan dilengkapi dengan infrastruktur kawasan, seperti jalan dan jembatan serta dibangun selama kurang lebih 400 hari kalender.

“Ditargetkan akhir tahun ini, saya dibisiki bisa selesai, insyaallah bisa selesai,” kata Jokowi.

Jokowi meresmikan peletakan batu pertama atau tanda dimulainya pembangunan Masjid Negara di IKN, Rabu (17/1)
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia