Sutomo Jabir Dorong Bendungan Pengendali Banjir di Desa Suka Rahmat Secepatnya Dibangun

Selasa, 24 Oktober 2023 – 12:23 WIB
Sutomo Jabir Dorong Bendungan Pengendali Banjir di Desa Suka Rahmat Secepatnya Dibangun - JPNN.com Kaltim
Anggota Komisi III DPRD Kaltim Sutomo Jabir mendorong bendungan bendungan pengendali banjir di Desa Suka Rahmat secepatnya dibangun. Foto: Dokumentasi Humas DPRD Kaltim

kaltim.jpnn.com, BONTANG - Anggota Komisi III DPRD Kaltim Sutomo Jabir mendorong bendungan pengendali banjir di Desa Suka Rahmat secepatnya dibangun.

Sebab, tidak hanya mengatasi banjir untuk beberapa tahun mendatang, fungsi lain bendungan tersebut sebagai sumber air untuk masyarakat di Kota Bontang. 

Diperkirakan, bendungan pengendali banjir di Desa Suka Rahmat dapat menyumbangkan air baku sebanyak 150 liter per detik.

"Pada tahun 2024 masih perencanaan, 2025 mungkin baru mulai pekerjaan pengendali banjir di Suka Rahmat itu. Nanti kegiatannya bikin bendungan untuk menanggulangi banjir," ujar Sutomo Jabir.

Legislator asal Dapil Kaltim VI mencakup wilayah Kutai Timur, Bontang dan Berau itu mengungkapkan meskipun bendungan pengendali banjir Suka Rahmat sudah dicetuskan sejak 2013 lalu, tetapi emerintah memerlukan berbagai tahapan untuk sampai ke proses pembangunan fisik.

Mulai dari proses Feasibility Study (FS), dilanjutkan penyusunan Detail Engineering Design (DED) hingga pembebasan lahan dan tahapan lainnya.

Namun, ungkap Sutomo Jabir, persoalan utamanya adalah status lahan yang masuk ke kawasan hutan lindung, dan lokasi yang berada di luar Kota Bontang. 

Karena itu,  tak heran apabila pembangunan fisik belum dilakukan pemerintah hingga saat ini. 

Anggota Komisi III DPRD Kaltim Sutomo Jabir mendorong bendungan bendungan pengendali banjir di Desa Suka Rahmat secepatnya dibangun
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia