2 Jam BPBD Bergerak, Banjir di Sepaku Akhirnya Surut

Rabu, 10 Mei 2023 – 22:31 WIB
2 Jam BPBD Bergerak, Banjir di Sepaku Akhirnya Surut - JPNN.com Kaltim
Penanganan banjir di Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, menggunakan ekskavator, Rabu (10/5). Foto: Antara/HO Pusdalops Kabupaten PPU

kaltim.jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Upaya mitigasi yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) membuahkan hasil.

Banjir di Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, yang terjadi pada Senin (8/5) pagi akibat hujan lebat akhirnya surut.

"Kami bersama Pemerintah Desa Bukit Raya melakukan normalisasi saluran air menggunakan mini ekskavator dengan penanganan selama dua jam," kata Pelaksana BPBD Kabupaten PPU Budi Santoso, Rabu (10/5).

Sebelum banjir, lanjut Budi, telah ada peringatan dini dari BMKG Stasiun Balikpapan akan terjadi hujan sedang hingga hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kecamatan Sepaku.

Sementara itu, hujan dengan intensitas cukup tinggi terjadi di Desa Bukit Raya, Sepaku, pada Rabu (10/5) dini hari sekitar pukul 03.00 WITA, berlangsung hingga pukul 06.00 WITA.

Kejadian ini mengakibatkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sepaku meluap dan berdampak pada naiknya tinggi muka air pada kawasan pemukiman penduduk, terutama rumah warga yang berada pada area rendah dan sekitar bantaran Sungai Sepaku.

Jumlah bangunan yang terdampak banjir hanya ada dua rumah dengan empat KK di satu RT, sedangkan satu RT lain yang juga berdampak banjir, tidak sampai masuk ke rumah warga, air hanya menggenangi halaman rumah.

Perinciannya di RT 01 banjir hanya sampai di halaman rumah dengan tinggi muka air (TMA) antara 60 - 100 centimeter.

banjir di Sepaku akhirnya surut setelah petugas BPBD Penajam Paser Utara bergerak melakukan upaya mitigasi
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia