Balikpapan-IKN akan Terhubung MRT dan Kereta Cepat, Kapan? Ini Target OIKN

Sabtu, 30 September 2023 – 16:35 WIB
Balikpapan-IKN akan Terhubung MRT dan Kereta Cepat, Kapan? Ini Target OIKN - JPNN.com Kaltim
Maket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara Nusantara. Foto: Aji Cakti/Antara

kaltim.jpnn.com, JAKARTA - Moda transportasi berbasis rel dalam kota (MRT) dan kereta cepat direncanakan akan menghubungkan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan Balikpapan dan ibu kota provinsi lainnya di Indonesia.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menargetkan pembangunan MRT dan kereta cepat dilakukan setelah 2024 mendatang.

"Pada tahap lanjutan pembangunan IKN setelah tahun 2024, dibangun moda transportasi berbasis rel dalam kota (MRT) dan kereta cepat yang menghubungkan IKN dengan daerah mitra (Balikpapan) dan ibu kota propinsi lainnya di wilayah Kalimantan," kata Deputi Teknologi Hijau dan Digital OIKN Ali Berawi, Sabtu (30/9).

Ali juga menyampaikan pemanfaatan moda transportasi Urban Air Mobility (Sky Taxy) dan kendaraan otonom (autonomous vehicle) akan mulai dilakukan,

Untuk target 2024, Ali Berawi, transportasi umum pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) termasuk penyediaan layanan angkutan umum bus berbasis listrik beserta fasilitas pendukung halte atau shelter dan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). 

"Tersedia juga fasilitas bagi pejalan kaki dan pengguna sepeda di dalam wilayah KIPP 1A," sebutnya.

Dikatakan Ali, untuk taksi terbang sejauh ini merupakan moda transportasi yang masih dalam tahap pengembangan, belum masuk dalam tahap komersialisasi.

Uji coba atau proof of concept yang dilaksanakan pada 2024 merupakan bagian dari pengembangan dan pemanfaatan teknologi Urban Air Mobility (UAM) di IKN.

Ini target OIKN tentang rencana pembangunan MRT dan kereta cepat yang akan menghubungkan IKN dengan Balikpapan dan wilayah lainnya
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia