Bank Indonesia Beber Bukti Pembangunan IKN Mendongkrak Perekonomian Kaltim

Rabu, 27 September 2023 – 23:36 WIB
Bank Indonesia Beber Bukti Pembangunan IKN Mendongkrak Perekonomian Kaltim - JPNN.com Kaltim
Bank Indonesia membeberkan bukti bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mampu mendongkrak perekonomian Kaltim.. Foto: ilustrasi/Dokumentasi PUPR

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Bank Indonesia (BI) membeberkan bukti bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mampu mendongkrak perekonomian Kaltim.

Kepala BI Perwakilan Kaltim Budi Widihartanto mengungkapkan pembangunan IKN mampu mendongkrak ekonomi di Benua Etam dibuktikan dengan naiknya pertumbuhan ekonomi menjadi 5,17 persen pada triwulan kedua 2023.

Budi menyebutkan iklim ekonomi di Provinsi Kaltim menunjukkan pertumbuhan yang meningkat dari 5,04 persen pada triwulan pertama 2023 menjadi 5,17 persen pada triwulan kedua.

"Ini sejalan dengan meningkatnya investasi, buah dari pembangunan di IKN," kata Budi Widihartanto, Rabu.

Sebagai upaya terus mendongkrak ekonomi, kata Budi, Kantor Perwakilan BI Kaltim bersama pemerintah daerah, dalam hal ini dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) membentuk wadah bernama Regional Investor Relation Unit (RIRU) terus bersinergi dalam meningkatkan investasi dan ekspor.

Sebagai pemantik, pada Selasa (26/9), Bank Indonesia dan DPMPTSP Kaltim bersinergi menyelenggarakan Mahakam Investment Forum (MIF) sebagai wadah promosi proyek-proyek investasi di Kaltim.

Acara yang berlangsung di Grand Hyatt Hotel Jakarta tersebut dihadiri sekitar 100 peserta, terdiri atas investor dan pembeli asing maupun domestik.

Hadir dalam acara itu adalah perwakilan Kedutaan Besar Malaysia, perwakilan Kedutaan Besar Finlandia, perwakilan project owner, Kadin, pelaku UMKM ekspor, serta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Pembangunan IKN di Kaltim berdampak positif bagi daerah tersebut, Bank Indonesia membeberkan buktinya, simak data berikut ini
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia