Update Harga TBS Sawit di Kaltim, Berikut Perinciannya

Sabtu, 30 September 2023 – 08:30 WIB
Update Harga TBS Sawit di Kaltim, Berikut Perinciannya - JPNN.com Kaltim
Disbun Kaltim merilis update harga TBS di Kaltim periode 16-30 September, simak perinciannya. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Dinas Perkebunan (Disbun) merilis update harga tandan buah segar (TBS) sawit di Kaltim.

Salah satunya, harga TBS yang dipanen dari pohon kelapa sawit umur 10 tahun ke atas periode 16-30 September 2023 senilai Rp 2.198,63 per kilogram (kg).

Kepala Disbun Kaltim Ahmad Muzakkir menyampaikan harga tersebut merupakan hasil keputusan Tim Penetapan Harga TBS Kaltim yang terdiri atas lintas sektor.

"Harga berlaku di tingkat pabrik pengolahan kelapa sawit," kata Muzakkir yang juga Ketua Tim Penetapan Harga TBS Kaltim, Sabtu (30/9).

Muzakkir mengatakan harga TBS Rp 2.198,63 per kg ini hanya berlaku bagi kebun plasma atau kebun kemitraan, termasuk kebun swadaya masyarakat yang telah bermitra dengan pabrik.

Sementara itu, harga bagi pekebun yang belum bermitra, bisa saja lebih rendah.

Karena itu, dia mengajak pekebun sawit rakyat untuk bermitra, harapannya adalah agar bisa memperkuat kelembagaan sekaligus harga TBS tidak dipermainkan oleh tengkulak.

Dia menjelaskan penetapan harga TBS dilakukan oleh tim dari lintas sektor, karena untuk memberikan perlindungan ke pekebun dalam memperoleh harga yang wajar.

Disbun Kaltim merilis update harga TBS di Kaltim periode 16-30 September, simak perinciannya
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia