Bus Tanpa Sopir dengan Teknologi Tercanggih Diharapkan Segera Beroperasi di IKN

Senin, 18 September 2023 – 16:56 WIB
Bus Tanpa Sopir dengan Teknologi Tercanggih Diharapkan Segera Beroperasi di IKN - JPNN.com Kaltim
Kepala OIKN Bambang Susantono berharap bus tanpa sopir dengan teknologi paling mutakhir segera beroperasi di IKN dalam waktu 2-3 tahun ke depan. Foto: ilustrasi/dok MIND ID

kaltim.jpnn.com, JAKART - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono mengungkapkan teknologi bus tanpa sopir dapat diterapkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

"Diharapkan dengan uji coba yang mumpuni, kita dapat menerapkan teknologi bus tanpa awak dalam dua hingga tiga tahun ke depan," ujar Bambang Susantono dalam Rapat Kerja dengan Badan Anggaran DPR di Jakarta, Senin (18/9).

Bambang menyebutkan penerapan teknologi bus tanpa sopir itu, meliputi kebijakan pengendalian dan pengoperasian bus tersebut.

"Kami harapkan juga sudah terdapat beberapa peralatan yang memang menggunakan teknologi paling mutakhir," katanya.

OIKN menyediakan moda transportasi bus dan sistem Bus Rapid Transit (BRT) sebagai moda transportasi publik pertama yang melayani masyarakat di IKN  Nusantara.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN, guna menarik animo masyarakat, jaringan transportasi umum harus dapat dijangkau dengan mobilitas aktif.

Sistem transportasi umum perlu menyediakan layanan berfrekuensi tinggi dan berkapasitas besar yang dapat mengakomodasi potensi lonjakan penumpang selama jam sibuk seraya tetap memelihara aspek kecepatan dan kenyamanan dalam perjalanan.

Jaringan bus diarahkan untuk melayani penumpang dari jaringan jalan raya sekunder ke pusat transportasi umum primer dan sebaliknya. 

Kepala OIKN Bambang Susantono berharap bus tanpa sopir dengan teknologi paling mutakhir segera beroperasi di IKN dalam waktu 2-3 tahun ke depan
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia