DPRD Kaltim Terima Usulan 5 Nama Calon Pj Gubernur, Ada Rektor Unmul hingga Pejabat IKN

Jumat, 01 September 2023 – 11:29 WIB
DPRD Kaltim Terima Usulan 5 Nama Calon Pj Gubernur, Ada Rektor Unmul hingga Pejabat IKN - JPNN.com Kaltim
Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur Hasanuddin Mas'ud menyampaikan telah menerima usulan 5 nama calon Pj Gubernur Kaltim dari fraksi-fraksi di dewan. Foto : Dokumentasi Humas DPRD Kaltim.

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - DPRD Provinsi Kalimantan Timur menerima usulan 5 nama calon Penjabat Gubernur Kaltim.

Kelima nama tersebut berasal dari usulan delapan fraksi yang ada di DPRD Kaltim.

Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud mengatakan lima nama itu akan dipilih lagi menjadi tiga nama melalui pemungutan suara (voting) pada rapat pimpinan DPRD Kaltim di Surabaya, Selasa (5/9/2023) mendatang.

“Kami akan ranking lima nama ini, dan hanya mengambil tiga nama saja untuk dicalonkan menjadi Pj Gubernur Kaltim, yaitu peringkat satu, dua, dan tiga,” kata Hasanuddin melalui keterangan yang diterima, Jumat (1/9).

Pria yang akrab disapa Hamas itu mengatakan, meski Ketua DPRD Kaltim punya peran penting dalam menentukan tiga nama calon Pj gubernur, namun  dirinya ingin menggunakan sistem demokratis saja untuk setiap proses penentuan calon Pj Gubernur Kaltim.

“Walau dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) itu menyatakan Ketua DPRD Kaltim berhak mengusulkan. Namun, kami tetap demokratis-lah. Kami minta setiap fraksi memasukkan tiga nama untuk kemudian di-ranking hasilnya, soalnya itu sudah sesuai Permendagri,” terang Hamas.

Progres selanjutnya, lanjut Ketua DPRD Kaltim, tiga nama yang terpilih berdasar voting akan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Kemudian, Kemendagri juga menggodok tiga nama untuk diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ada Rektor Unmul hingga pejabat IKN diusulkan fraksi yang ada di DPRD Provinsi Kalimantan Timur menjadi Pj Gubernur Kaltim
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia