DPRD Kaltim Jaring Calon Pj Gubernur Lewat Fraksi, 3 Nama Suara Terbanyak Diajukan ke Kemendagri

Rabu, 30 Agustus 2023 – 23:44 WIB
DPRD Kaltim Jaring Calon Pj Gubernur Lewat Fraksi, 3 Nama Suara Terbanyak Diajukan ke Kemendagri - JPNN.com Kaltim
Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud. Foto : Dokumentasi Humas DPRD Kaltim.

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - DPRD Kaltim memproses tiga calon penjabat gubernur yang diajukan oleh fraksi-fraksi di lembaga tersebut.

Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud  mengatakan setiap fraksi diminta mengumpulkan nama-nama calon penjabat Gubernur Kaltim.

“Setelah terkumpul, nama itu yang akan kami ranking. Setelah setoran nama itu, kami akan gelar rapat pimpinan dan menentukan nomor satu, dua, dan tiga berdasarkan suara terbanyak,” kata Hasanuddin.

Hingga pukul 13.00 WITA, kata Hasanuddin, baru ada tiga fraksi yang menyetor nama calon gubernur, antara lain Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Fraksi lain yang tidak menyetorkan nama sebelum jam 12 siang, maka mengikuti nama yang ada. Kami akan panggil nama-nama yang akan dibahas dalam rapat pimpinan untuk dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri," ujar Hasanuddin.

DPRD Kaltim menargetkan proses seleksi nama-nama penjabat gubernur tersebut menjadi tiga nama terbanyak bisa selesai paling lama 8 September 2023.

"Untuk penentuan nomor urut calon gubernur mengacu pada jumlah suara terbanyak yang masuk dari fraksi-fraksi. Kalau ada jumlah yang sama, kami undi nomor urut,” terangnya.

Masa jabatan Isran Noor maupun Hadi Mulyadi sebagai gubernur dan wakil gubernur berakhir September 2023.

DPRD Kaltim menjaring nama calon penjabat gubernur lewat usulan fraksi sebelum di-ranking berdasarkan suara terbaiknya untuk diajukan ke Kemendagri
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia