Lanal Balikpapan Segera Ditingkatkan jadi Kodamar Tipe A, Dipimpin Jenderal Bintang Dua

Jumat, 25 Agustus 2023 – 08:00 WIB
Lanal Balikpapan Segera Ditingkatkan jadi Kodamar Tipe A, Dipimpin Jenderal Bintang Dua - JPNN.com Kaltim
KSAL Laksamana Muhammad Ali menyampaikan rencana peningkatan status Lanal Balikpapan menjadi Komadar Tipe A yang akan dipimpin jenderal bintang dua. Foto: Gilang Galiartha

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan akan ditingkatkan statusnya menjadi Komando Daerah Maritim (Kodamar) Tipe A yang dipimpin perwira tinggi berpangkat Laksamana Muda atau jenderal bintang dua.

Rencana peningkatan status Lanal Balikpapan disampaikan langsung Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Muhammad Ali.

KSAL Laksamana Muhammad Ali menyampaikan rencana itu sejalan dengan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim.

“Wilayah Balikpapan memiliki sumber daya alam dan energi yang cukup melimpah sehingga keberadaan satuan TNI AL harus dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan nasional bangsa Indonesia,” kata Laksamana Muhammad Ali dilansir Antara, Jumat (25/8).

Laksamana Ali mengungkapkan peningkatan status itu juga karena secara geografis Lanal Balikpapan berhadapan langsung dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yang merupakan wilayah perairan terbuka.

Karena itu, dia menilai perlu ada peran aktif TNI AL dalam mengamankan kapal-kapal yang melintas.

"Rencana itu juga menjadi langkah antisipasi berbagai kerawanan dan ancaman yang mungkin terjadi di perairan tersebut," tegasnya.

Sementara itu, Laksamana Ali dalam kunjungannya ke Lanal Balikpapan mengingatkan para prajurit TNI AL agar tetap bekerja secara profesional sesuai tugas pokok dan fungsi mereka.

KSAL Laksamana Muhammad Ali menyampaikan rencana peningkatan status Lanal Balikpapan menjadi Komadar Tipe A yang akan dipimpin jenderal bintang dua
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia