Bukit Karang Anyar Longsor, Puluhan Warga Kehilangan Tempat Tinggal

Senin, 24 Juli 2023 – 11:48 WIB
Bukit Karang Anyar Longsor, Puluhan Warga Kehilangan Tempat Tinggal - JPNN.com Kaltim
Longsor di RT 61 dan RT 62 Karang Anyar, Kelurahan Baru Ilir pada Minggu (23/7) siang. Foto: ANTARA/HO-KPI

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Puluhan warga kehilangan tempat tinggal setelah longsor menerjang wilayah Karang Anyar, Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan, Minggu (23/7) siang.

Kejadiannya berawal saat tanah di lereng bukit Karang Anyar yang dihuni puluhan warga dari dua RT, yakni RT 61 dan RT 62 bergerak dan bergeser.

Akibatnya, 19 rumah rusak berat, dan 72 warga kehilangan tempat tinggal.

Warga terdampak longsor kini untuk sementara mengungsi ke rumah kerabat dan berharap mendapatkan bantuan sewa rumah dari Pemkot Balikpapan.

Lereng bukit Karang Anyar sendiri merupakan kawasan padat penduduk di utara atau berseberangan dengan bengkel kilang Pertamina.

Di lokasi, warga juga masih mengevakuasi barang-barang berharga. 

Sebagian juga membongkar dan memilah bahan bangunan yang masih bisa diselamatkan.

”Mungkin nanti lokasinya dibersihkan dulu, baru kemudian dibangun ulang di atasnya. Untuk membangun ulang ini kami mohon bantuan, terutama bantuan teknis, seperti apa membangun bangunan yang kuat di tanah lereng seperti ini,” kata Ketua RT 61 Abdul Gani Jamal.

Puluhan warga kehilangan tempat tinggal setelah bukit Karang Anyar yang berada di wilayah RT 61 dan RT 62 longsor pada Minggu (23/7) siang
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia