Penegasan Isran Noor di Hadapan Senator AS: Saya Setop Pembangunan IKN Jika Merusak Lingkungan

Kamis, 13 April 2023 – 11:23 WIB
Penegasan Isran Noor di Hadapan Senator AS: Saya Setop Pembangunan IKN Jika Merusak Lingkungan - JPNN.com Kaltim
Gubernur Kaltim Isran Noor (kanan) saat menyambut kedatangan delegasi Amerika Serikat yang dipimpin Senator Senator Jeff Merkley (Oregon) didampingi Senator Chris Van Hollen (Maryland) di acara Welcome Dinner di Hotel Fourpoints Balikpapan, Rabu (12/4). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Kaltim

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Gubernur Kaltim Isran Noor menjamin pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tidak merusak hutan dan lingkungan.

Penegasan tersebut disampaikan Isran di hadapan delegasi Amerika Serikat yang dipimpin Senator Senator Jeff Merkley (Oregon) didampingi Senator Chris Van Hollen (Maryland) di acara Welcome Dinner di Hotel Fourpoints Balikpapan, Rabu (12/4).

“Percayakah senator Amerika, kami tidak akan merusak lingkungan? Jangan khawatir pembangunan ibu kota akan merusak lingkungan. Saya jaminannya. Jika nantinya merusak lingkungan, maka akan saya setop pembangunannya,” tegas Gubernur Isran Noor.

Sebagai informasi, kedatangan Delegasi Amerika Serikat ke Kaltim bersama perwakilan dari beberapa negara bagian di Amerika Serikat dalam rangkaian kunjungan ke Borneo Orangutan Survival (BOS) di Samboja, Kutai Kartanegara dan lokasi pembangunan IKN, seperti di titik nol IKN dan persemaian Mentawir di Sepaku, Penajam Paser Utara.

“Kami suka, kami senang, kami bahagia atas kedatangan para senator dari Amerika Serikat yang ingin berkunjung ke Kalimantan Timur, termasuk yang akan dikunjungi besok itu tempat pelestarian orangutan yang dikelola oleh BOS serta persemaian Mentawir dan titik nol IKN di Sepaku," ucap Gubernur Isran Noor dalam sambutan selamat datangnya.

Mantan Bupati Kutai Timur itu juga menyampaikan mengenai kepindahan ibu kota negara adalah keputusan pemerintah yang sangat penting bagi kepentingan bangsa Indonesia untuk jangka waktu yang lama.

Dia memastikan Pembangunan IKN yang baru sudah memilki komitmen tidak akan merusak lingkungan, karena areal yang digunakan adalah lahan hutan produksi, bukan hutan alam.

“Kota yang akan dibangun berada di tengah-tengah hutan, sudah disiapkan persemaian untuk mengembalikan populasi tanaman endemik di Kalimantan, bahkan seluruh Indonesia di kawasan IKN,” jelas Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini.

Gubernur Kaltim Isran Noor menyampaikan penegasan di hadapan senator AS bahwa pembangunan IKN Nusantara tidak akan merusak lingkungan
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia