Istana Presiden di IKN Nusantara Ditargetkan Rampung Sebulan Sebelum Upacara HUT RI

Selasa, 28 Februari 2023 – 12:05 WIB
Istana Presiden di IKN Nusantara Ditargetkan Rampung Sebulan Sebelum Upacara HUT RI - JPNN.com Kaltim
Lokasi seluas 100 hektare yang disiapkan untuk pembangunan Istana Presiden di IKN Nusantara. Foto: Bagus Purwa/Antara

kaltim.jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Istana Presiden ditargetkan berdiri di kawasan inti pusat pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang kini berada di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Juli 2024 atau sebulan sebelum peringatan HUT RI.

"Sejumlah pembangunan gedung dan infrastruktur di lokasi IKN mulai dikerjakan," kata Divisi Dokumentasi, Dron Mapping dan Site Admin PT Waskita Karya (Persero) Dhinar Wahyu Zain Pratama, Senin (27/2).

Dia menyampaikan sejumlah proyek di IKN sudah ada yang dikerjakan mulai September 2022.

Namun, ada juga pengerjaannya yang baru dimulai pada Januari 2024.

Sejumlah pembangunan di KIPP IKN, antara lain Istana dan Kantor Presiden, Plaza Seremoni (lapangan upacara), kementerian koordinator (kemenko) yang terdiri gedung satu, dua, tiga dan empat, serta tapak rumah menteri.

Kemudian sejumlah infrastruktur jalan Sumbu Kebangsaan Barat dan Sumbu Kebangsaan Timur, sejumlah embung dan IPAL (instalasi air limbah) juga dalam tahap pengerjaan.

Pembangunan gedung dan infrastruktur lainnya di kawasan inti IKN  sesuai kontrak kerja rampung pada Juli 2024.

"Semua pengerjaan ditargetkan selesai sebelum Agustus 2024, karena Presiden Jokowi menginginkan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI 2024 dilaksanakan di kawasan Istana Kepresidenan IKN," jelas Dhinar Wahyu Zain Pratama.

Pengerjaan pembangunan IKN Nusantara dilakukan sejumlah badan usaha milik negara (BUMN), antara lain PT Waskita Karya, PT Wijaya Karya, PT Hutama Karya, PT Adhi Karya dan PT Pembangunan Perumahan (PP).

Sesuai rencana semua bangunan di KIPP IKN  tersebut langsung ditempati setelah rampung dibangun agar keramaian di IKN Nusantara segera terwujud.

KIPP menempati areal sekitar 900 hektare berada di sisi selatan kawasan IKN Nusantara dengan kontur tanah berbukit-bukit.

Pembangunan IKN bakal dilanjutkan dengan Istana Wakil Presiden, beberapa kantor kementerian dan lembaga negara lainnya, serta fasilitas TNI dan Polri.

Bangunan lainnya yang akan dibangun selanjutnya di IKN Nusantara, yakni Plaza Kebangsaan, perumahan dan apartemen, hingga fasilitas esensial penunjang seperti pendidikan, kesehatan, tempat kebutuhan sehari-hari dan tempat hiburan. (antara/jpnn)

Proyek Istana Presiden di IKN Nusantara ditarget rampung Juli 2024 atau sebulan sebelum upacara HUT RI digelar

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia