Wahai Anak Muda, Dengar Nih Pesan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 30 November 2022 – 08:55 WIB
Wahai Anak Muda, Dengar Nih Pesan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono - JPNN.com Kaltim
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. ANTARA/HO-Kementerian PUPR

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendorong generasi muda terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Khususnya kepada Generasi Muda PUPR, dia berpesan agar mengambil kesempatan belajar untuk meningkatkan kompetensi bidang konstruksi dalam pembangunan IKN.

"IKN untuk Generasi Muda PUPR adalah kesempatan, baik teknis maupun nonteknis. Teknis, karena kita membangun infrastruktur dengan teknologi baru. Anak-anak muda manfaatkan IKN ini menjadi training ground, Anda harus mulai tertarik sejak dari perencanaan," kata Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (30/11).

Pria kelahiran Solo, 5 November 1954 itu mengatakan pembangunan IKN membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten yang memahami prinsip dasar membangun kota pintar, termasuk memiliki analisis yang tajam untuk berpikir tentang pemecahan masalah dalam pengembangan kota pintar.

"Ibu Kota Negara Nusantara didesain menjadi kota masa depan, apapun istilahnya forest city atau smart city. Berarti kota untuk generasi muda sehingga manfaatkan kesempatan tersebut," ujar Basuki.

Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu meminta kepada Generasi Muda PUPR untuk mengambil intisari dan dasar keilmuan tentang penerapan smart city untuk selanjutnya diimplementasikan dalam pembangunan IKN Nusantara.

"Kami sudah siapkan 25 orang yang kemarin training di Korea Selatan. Di sana (Korea Selatan) sedang membangun eco delta smart city di Busan. Untuk yang ikut training tolong sebarkan ilmunya dari Korea, sehingga semua bisa tahu. Jadi IKN ini adalah kesempatan bagi generasi muda untuk mengembangkan diri untuk engineer maupun non-engineer,” kata Basuki.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pemerintah telah memulai pembangunan infrastruktur di kawasan inti IKN yang mencakup gedung pemerintahan seperti kementerian serta istana kepresidenan dan wakil presiden. (antara/jpnn)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan pesan untuk anak-anak muda

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia