Kunjungan Wisata ke IKN Diprediksi Bakal Melonjak, Dispar Kaltim Siapkan Terobosan

Kamis, 24 November 2022 – 17:33 WIB
Kunjungan Wisata ke IKN Diprediksi Bakal Melonjak, Dispar Kaltim Siapkan Terobosan - JPNN.com Kaltim
Sejumlah pengunjung sedang menunggu giliran untuk foto dengan latar belakang Titik Nol Nusantara yang saat ini masih masuk wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Foto: ANTARA/M Ghofar

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim memprediksi kunjungan wisata bakal melonjak seiring adanya perpindahan ibu kota negara ke daerah ini.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kaltim Restiawan Baihaqi menyebutkan salah satu lokasi yang menjadi magnet bagi wisatawan ialah keberadaan Titik Nol IKN Nusantara.

"Titik Nol Nusantara saat ini bukan menjadi objek wisata, tetapi menjadi magnet bagi wisatawan sehingga menjadi potensi besar bagi daerah sekelilingnya untuk mendapat imbas kunjungan," kata Restiawan Baihaqi, Kamis (24/11).

Sebelum ditutup untuk umum lantaran ada aktivitas konstruksi pembangunan IKN, jumlah pengunjung ke lokasi IKN sangat tinggi.

Bahkan, lanjut Restiawan, pada awal-awal pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), jumlah pengunjung ke Titik Nol Nusantara mencapai 18 ribu orang hanya dalam waktu 8 hari.

Dia meyakini ketika konstruksi sudah selesai dan masyarakat diperbolehkan mengunjungi Titik Nol IKN Nusantara diyakini tingkat kunjungan akan kembali tinggi.

Pasalnya, rasa keingintahuan masyarakat terhadap perkembangan di ibu kota Indonesia baru juga semakin tinggi.

"Di sinilah momentum bagi Kaltim bersama kabupaten atau kota untuk menjual paket wisata tersebut. Kami bersama pelaku pariwisata tinggal mengemas paket dan konektivitasnya dengan sejumlah objek wisata pendukung yang sudah ada," ujar Baihaqi.

Dispar Kaltim menyiapkan terobosan menyambut peluang jika terjadi peningkatan kunjungan wisata ke IKN Nusantara
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia