Potensi Besar Sulawesi Sebagai Mitra Pembangunan IKN, Ada Peluang Kerja Sama di 8 Sektor

Rabu, 23 November 2022 – 11:41 WIB
Potensi Besar Sulawesi Sebagai Mitra Pembangunan IKN, Ada Peluang Kerja Sama di 8 Sektor - JPNN.com Kaltim
Denah Gedung Sekretariat Presiden yang akan dibangun di kawasan IKN Nusantara, Kaltim. Foto: ilustrasi/ANTARA/HO-Waskita Karya

kaltim.jpnn.com, MAKASSAR - Sulawesi dinilai memiliki potensi besar untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal itu disampaikan Ketua Bidang Koordinasi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Tim Transisi IKN Diani Sadiawati di sela acara sosialisasi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara dan peraturan pelaksanaannya yang digelar secara hybrid di The Rinra Hotel Makassar, Selasa (22/11).

“Pembangunan IKN membutuhkan dukungan dari provinsi lain, misalnya Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan. Terbuka kemungkinan kerja sama apalagi sudah ada MoU dengan Kadin pusat dan daerah,” kata Diani Sadiawati melalui keterangan yang diterima, Rabu (23/11)

Diani mengungkapkan koordinasi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bertujuan memberdayakan pengusaha lokal agar dapat berpartisipasi dalam pembangunan di IKN.

“Pulau Sulawesi memiliki potensi besar karena bisa men-supply kebutuhan pangan dan kebutuhan-kebutuhan pembangunan,” ujarnya.

Dia menyebutkan Otorita IKN memang diberikan kewenangan khusus, antara lain pemberian perizinan investasi, kemudahan berusaha, pemberian fasilitas khusus kepada pihak yang mendukung pembiayaan dan pengembangan IKN serta daerah mitra.

Daerah mitra adalah daerah-daerah tertentu yang nantinya bisa mendukung prasarana pembangunan IKN.

“Daerah tertentu (daerah mitra) akan ditetapkan dalam Peraturan Kepala Otorita,” ujar Diani yang juga Ketua Pokja Hukum dan Kelembagaan UU IKN 2019-2022 Kementerian PPN/Bappenas.

Sulawesi memiliki potensi besar sebagai mitra pembangunan IKN Nusantara
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia