Wawen LHK Tegaskan Pemindahan IKN ke Kaltim Kepastian, Harus Didukung

Rabu, 21 September 2022 – 22:20 WIB
Wawen LHK Tegaskan Pemindahan IKN ke Kaltim Kepastian, Harus Didukung - JPNN.com Kaltim
Wakil Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan (LHK) Alue Dohong saat menghadiri Seminar Alumni Kehutanan Indonesia di Hotel Mercure Samarinda, Selasa (20/9). Foto : Dokumentasi Adpim Setdaprov Kaltim.

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong menegaskan pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Kaltim bukan lagi hanya sekadar wacana, melainkan sebuah kepastian yang harus didukung dan diwujudkan bersama.  

“Sudah ada UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN. Jadi tidak ada lagi pro kontra dan diskursus soal jadi atau tidaknya IKN,” tegas Wamen Alue Dohong saat membuka Seminar Alumni Kehutanan Indonesia di Hotel Mercure Samarinda, Selasa (20/9).

Menurutnya, semua konsep tentang IKN itu baik dan indah, tetapi tantangannya adalah agar bisa mewujudkan semua konsep itu dengan baik hingga IKN terbangun sesuai harapan besar masyarakat Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Wamen Alue Dohong menjelaskan tentang konsep forest city yang akan diciptakan di IKN.

"Forest city di IKN itu bukan hanya soal tegakan pohon, tapi bicara secara inklusif dan memerhatikan ekosistem. Jadi IKN itu bukan hanya untuk kenyamanan manusia, tapi keramahan juga bagi satwa," bebernya. 

Hutan-hutan IKN nantinya juga akan menjadi tempat yang ramah bagi hewan-hewan yang tergolong buas, seperti buaya dan harimau.

"Semua bisa hidup di sana (IKN). Untuk yang berbahaya nanti dibuat koridorisasi," tegas wakil menteri yang tampak sangat akrab dengan Gubernur Kaltim Isran Noor itu.

"IKN nanti juga akan membangun harmonisasi antara manusia dan alam sekitarnya," tambahnya. (mcr14/jpnn) 

Wawen LHK Alue Dohong meminta pemindahan IKN dari Jakarta ke Kaltim harus didukung semua pihak

Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Arditya Abdul Aziz

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News