Peringatan Hari Santri 2024, Sekdaprov Kaltim: Teruskan Perjuangan Para Pendahulu!

Selasa, 22 Oktober 2024 – 15:29 WIB
Peringatan Hari Santri 2024, Sekdaprov Kaltim: Teruskan Perjuangan Para Pendahulu! - JPNN.com Kaltim
Sekdaprov Kaltim Sri Wahyuni secara simbolis menyerahkan bantuan kepada santri seusai Apel Peringatan Hari Santri 2024 di halaman Kanwil Kemenag Kaltim, Selasa (22/10). Foto: Hudais TP/adpimprovkaltim

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Apel Peringatan Hari Santri 2024 digelar di halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kaltim di JAlan Basuki Rahmat, Samarinda, Selasa (22/10).

Kegiatan tersebut diikuti ratusan santri pondok pesantren (ponspes) di Kota Samarinda, dan dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Katim Abdul Khaliq beserta jajarannya, Ketua MUI Kaltim, Ketua Baznas Kaltim, rektor universitas dam pimpinan Ponpes di Samarinda.

Peringatan Hari Santri 2024, Sekdaprov Kaltim: Teruskan Perjuangan Para Pendahulu!

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim Sri Wahyuni mewakili Pj Gubernur Akmal Malik bertindak sebagai inspektur upacara.

Menteri Agama Nasaruddin Umar dalam sambutannya dibacakan Sekdaprov Sri Wahyuni mengatakan Hari Santri yang diperingati setiap 22 Oktober adalah momentum bagi semua untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Sejarah telah mencatat kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah.

"Salah satu bukti perlawanan santri terhadap para penjajah adalah peristiwa 'Resolusi Jihad' pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asy’ari,” kata Sri Wahyuni.

Dikatakan, dalam fatwa 'Resolusi Jihad' itu Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asy’ari menyatakan berperang, menolak dan melawan penjajah itu fardu ain (yang harus dikerjakan oleh tiap-tiap orang Islam, laki-laki, perempuan, anak-anak, bersenjata atau tidak), bagi yang berada dalam jarak lingkaran 94 km dari tempat masuk dan kedudukan musuh.

Sekdaprov Kaltim Sri Wahyuni menjadi inspektur upacara pada Apel Peringatan Hari Santri 2024
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News