Para Perajin Diminta Berpartisipasi di Dekranasda Kaltim Award 2024 lewat Karya Terbaik

Minggu, 20 Oktober 2024 – 20:24 WIB
Para Perajin Diminta Berpartisipasi di Dekranasda Kaltim Award 2024 lewat Karya Terbaik - JPNN.com Kaltim
Pj Ketua Dekranasda Kaltim Yulia Zubir Akmal (tengah) mengajak seluruh perajin di Kalimantan Timur untuk berpartisipasi dalam ajang Dekranasda Kaltim Award 2024. Foto: Ahmad Rifandi

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Timur meminta para perajin menampilkan karya terbaik dalam ajang Dekranasda Kaltim Award 2024.

Pj Ketua Dekranasda Kaltim Yulia Zubir Akmal menyampaikan kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk apresiasi kepada para perajin yang telah berkontribusi melestarikan dan mengembangkan warisan budaya melalui kerajinan khas daerah.

Istri Pj Gubernur Akmal Malik itu  menjelaskan Dekranasda Kaltim Award 2024 mengangkat tema Penghargaan Untuk Produk dan Budaya Daerah.

Ajang tersebut terbagi menjadi tiga kategori, yaitu kerajinan berbahan serat yang meliputi rotan, bambu, pandan, rumput, doyo dan serat alam lainnya.

Kategori kedua adalah kerajinan berbahan kayu dengan ukuran produk maksimal 40x40x40 sentimeter, dan kategori ketiga adalah batik motif khas Kaltim dengan panjang minimal satu meter.

"Dekranasda Kaltim Award 2024 merupakan wadah bagi para perajin di Kaltim untuk menunjukkan kreativitas dan keunggulan produk kerajinan mereka," kata Yulia.

Dia menyebutkan kriteria penilaian dalam lomba ini meliputi inovasi, keunggulan produk, keramahan lingkungan, keaslian, daya jual, dan tanggung jawab sosial.

Pendaftaran dan pengiriman karya dibuka mulai 1 Oktober hingga 15 November 2024. 

Yulia Zubir Akmal mengajak para perajin berpartisipasi di ajang Dekranasda Kaltim 2024, disiapkan hadiah total Rp 22,5 juta untuk pemenang lho
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News