BAKTI Kominfo Ungkap Strategi Tingkatkan Utilisasi Palapa Ring Sokong Konektivitas di IKN

Minggu, 20 Oktober 2024 – 17:31 WIB
BAKTI Kominfo Ungkap Strategi Tingkatkan Utilisasi Palapa Ring Sokong Konektivitas di IKN - JPNN.com Kaltim
Satelit Palapa D. Foto: Ilustrasi/HO Antara

kaltim.jpnn.com, JAKARTA - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) mengungkapkan strategi untuk meningkatkan utilisasi Palapa Ring sebagai infrastruktur telekomunikasi tulang punggung untuk menyokong konektivitas di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Plt Direktur Layanan TI untuk Badan Usaha BAKTI Kementerian Kominfo Yulis Widyo Marfiah menyampaikan agar efektif peningkatan jaringan tersebut difokuskan di segmen Palapa Ring Tengah yang memang mencakup daerah layanan di Kaltim sebagai lokasi dari IKN.

Terkait itu, Yulis menyebut telah dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak, antara lain dengan asosiasi, baik  Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) atau operator penyelenggara jaringan atau internet.

"(Koordinasi ini) untuk berkolaborasi dalam dalam rangka peningkatan utilisasi Palapa Ring, baik kapasitas maupun dark fiber (serat optik pasif)," kata Yulis, Minggu (20/10).

Palapa Ring Tengah terbagi dalam enam proyek yang menghubungkan wilayah Kaltim, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Sulawesi Utara.

Palapa Ring Tengah terdiri dari Proyek 4 sampai dengan Proyek 8 memiliki total panjang kabel fiber optik sepanjang 3.102 kilometer, terbagi dalam 1.798 km sebagai kabel bawah laut (submarine) dan 1.304 kilometer kabel terestrial.

Khusus untuk Kaltim atau sekitar daerah IKN, Palapa Ring Tengah menyediakan layanan dari Long Bagun-Sendawar atau disebut juga dengan Palapa Ring Tengah proyek 4.

BAKTI Kominfo mencatat sejak awal dioperasionalkan di 2018 utilisasi dari Palapa Ring Tengah terus mengalami kenaikan.

Ini strategi untuk meningkatkan utilisasi Palapa Ring sebagai infrastruktur telekomunikasi tulang punggung untuk menyokong konektivitas di IKN
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News